BMKG memprakirakan sembilan wilayah (kabupaten/kota) di Provinsi Kaltim mengalami hujan lebat hingga hujan petir dan dapat disertai angin kencang pada Kamis-Jumat (24-25/11), sehingga semua pihak diminta waspada terhadap dampaknya.

"Peristiwa ini dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita Sibarani di Balikpapan, Rabu.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, agar dapat dilakukan antisipasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, hanya Kota Bontang yang tidak mengalami hujan lebat maupun hujan petir, namun kota ini terjadi hujan ringan merata di semua kecamatan mulai Kamis sekitar pukul 23.00 Wita hingga Jumat sekitar pukul 05.00 Wita.

Sedangkan sembilan wilayah yang diprakirakan mengalami peristiwa itu antara lain Kota Balikpapan pada Kamis sekitar pukul 23.00 hingga Jumat dini hari, hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan Barat, Balikpapan Utara, Balikpapan Tengah, dan Balikpapan Utara.

Kota Samarinda pada Kamis sekitar pukul 23.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Palaran, dan Kecamatan Samarinda Seberang.

Pada Jumat dini hari sekitar pukul 02.00 Wita, hujan lebat hingga hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Sungai Pinang, Palaran, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Seberang, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Kecamatan Sambutan.

Kabupaten Berau pada Kamis sekitar pukul 17.00 dan 20.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi pada dua kecamatan, yakni Kecamatan Kelay dan Segah.

"Untuk Kabupaten Penajam Paser Utara, pada Kamis sekitar pukul 23.00 Wita hingga Jumat dini hari, hujan lebat dan hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Penajam, Sepaku, Babulu, dan Kecamatan Waru," ujar Carolina.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022