Kunjungan Eisatawan Nusantara (Wisnus) ke Provinsi Kalimantan Timur pada periode Januari 2022 hingga 22 November 2022 tercatat mencapai 2,6 juta orang atau melebihi target yang dipatok sebanyak dua juta pengunjung hingga akhir 2022.

"Tahun lalu, kami tidak berani menargetkan tinggi untuk 2022, karena masih pandemi COVID-19 yang mengharuskan berbagai kegiatan dibatasi, sehingga target yang kami tetapkan untuk tahun ini hanya dua juta wisnus," ujar Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim Restiawan Baihaqi di Samarinda, Rabu.

Namun, katanya, ketika pemerintah melonggarkan kegiatan masyarakat pada April 2022, berdampak pada banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Kaltim.
 

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kaltim Restiawan Baihaqi (ANTARA / M Ghofar)


Ia mengatakan kunjungan wisnus ke Kaltim itu bukan hanya untuk berwisata, namun untuk keperluan lain, tapi pada akhirnya mereka juga sambil berwisata.

Selain itu, katanya, mereka yang tidak berkunjung ke objek wisata pun pasti berkorelasi dengan parekraf (pariwisata dan ekonomi kreatif), seperti menginap di hotel, makan, minum, dan membeli produk olahan UMKM, dan sejumlah produk parekraf yang dapat dinikmati di tempat atau dibawa pulang.

Apalagi, saat ini Provinsi Kaltim telah ditetapkan sebagai lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, sehingga banyak kunjungan ke Kaltim, baik untuk urusan kerja maupun melihat potensi usaha di kawasan IKN dan sekitarnya.

"Hampir tiap hari saya menerima pertanyaan baik langsung, lewat telepon, bahkan secara daring tentang peluang usaha apa yang bisa dikembangkan di Kaltim. Ini karena magnet IKN, maka bersyukurlah penduduk Kaltim atas penetapan presiden sebagai lokasi IKN," ucap Baihaqi.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022