Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Hadi Mulyadi mengatakan kolaborasi merupakan faktor penting dalam pembangunan di berbagai bidang, baik fisik maupun sumber daya manusia (SDM).

"Maka saya bangga dengan adanya kolaborasi dengan Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Balikpapan hari ini," ujarnya setelah menyaksikan penandatanganan kerja sama antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) dengan BLKI Balikpapan di Balikpapan, Kamis.

Terdapat dua jenis pelatihan yang dilakukan kerja sama dalam penandatanganan ini, yakni pelatihan budi daya jamur tiram dan tata boga.

Selain ini, DPMPD Kaltim tahun ini melakukan pelatihan las, bubut, dan robotik yang dilakukan kerja sama dengan Politeknik Negeri Samarinda, yakni untuk Program Teknologi Tepat Guna.

Selain kolaborasi, katanya, hal lain yang bisa membuat sukses adalah mencintai pekerjaan, karena jika seseorang sudah mencintai pekerjaan pasti yang diinginkan berupa hasil yang terbaik.

Menurutnya, tidak ada pekerjaan yang terus-menerus enak. Di saat-saat tertentu pasti ada sesuatu yang membuat kurang nyaman, sehingga jika hal ini terjadi, siapa pun tidak lantas menyerah kemudian ingin pindah kerja.

"Jangan mudah menyerah dengan keadaan, kita harus terus berusaha, kerja, kerja, dan kerja. Lebih hebat lagi jika pekerjaan yang ditekuni ini diimbangi dengan inovasi untuk memperoleh hasil terbaik," katanya.

Thomas Alva Edison, penemu lampu pijar, lanjutnya, mengalami kegagalan hingga ribuan kali dalam melakukan uji coba, tapi tidak pernah menyerah untuk terus melakukan inovasi, hingga akhirnya berhasil membuat lampu pijar yang sekarang bisa dirasakan semua orang.

"Maksud saya mencontohkan ini adalah agar kita tidak menyerah dengan pekerjaan. Teruslah bekerja dengan ikhlas dan cinta, bahkan teruslah berinovasi untuk membuat model yang bisa dimanfaatkan orang lain," ucap Hadi.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022