Nunukan (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 21 calon tenaga kerja Indonesia (CTKI) asal Jawa Tengah berangkat ke Negeri Bagian Selangor Malaysia melalui Pelabuhan Internasional Tunon Taka Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara.

Pemberangkatan CTKI ini berdasarkan surat jalan nomor B.0368/BP3TKI-14/PP/X/2013 dari Balai Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) Kabupaten Nunukan yang ditujukan kepada Kepala Imigrasi Pelabuhan Embarkasi Nunukan, jelas Kepala Pos Tempat Pemeriksaan Keimigrasian Pelabuhan Internasional Tunon Taka Kabupaten Nunukan Nasution di Nunukan, Kamis.

Ia mengatakan bahwa sesuai daftar nama dalam surat jalan CTKI tersebut semuanya berasal dari Jawa Tengah masing-masing 19 orang dari Kabupaten Pati, dua orang lainnya dari Kabupaten Blora dan Rembang.

Masih berdasarkan surat jalan itu, Nasution menegaskan ke 21 CTKI itu telah dilengkapi dengan dokumen keimigrasian dan telah memenuhi syarat untuk dipekerjakan di Malaysia.

Sementara itu, Kasi Penyiapan Penempatan BP3TKI Kabupaten Nunukan, Liling Padalliang, Rabu menyatakan, CTKI asal Jateng itu akan bekerja di Negeri Bagian Selangor dan berangkat secara perorangan atau mandiri melalui Kota Kinabalu Sabah.

Ia menerangkan CTKI ini akan bekerja di Kejuruteraan Trolka Sdn Bhd Bukit Jelutong Shah Alam Negeri Selangor dan akan bekerja di sektor perkebunan, perikanan dan kehutanan.

"Calon TKI ini berangkat secara sendiri-sendiri atau TKI Mandiri," ujar Liling Padalliang.

Menurut dia, dirinya juga tidak mengetahui apakah CTKI tersebut direkrut oleh perusahaan jasa TKI atau tidak. Sebab, keberadaannya di Kabupaten Nunukan hanya transit semata menuju Sabah.(*)

Pewarta: M.Rusman

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013