Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari secara pribadi pada Idul Adha tahun ini, berkurban 100 ekor sapi yang disebar di 18 kecamatan di daerah itu.

"100 ekor sapi itu dari saya pribadi tanpa dana APBD dan sudah di  antar ke sluruh kecamatan se-Kukar," ujar Rita saat ditanya usai melepas pawai takbiran, Senin (14/10) malam.

Menurut Rita, kurban yang rutin dilakukannya selama Idul Adha tersebut, selain menjalankan syariat Islam juga merupakan momen untuk berbagi  kepada masyarakat.

Ia juga mengatakan apa yang dilakukannya belum apa-apa, dibanding pengorbanan saat peristiwa nabi Ibrahim dan Ismail AS.

"Apa yang saya lakukan ini belum ada apa-apanya, saya hanya mensyukuri dan berbagi berkah yang Allah berikan kepada kami," ungkap Rita yang juga putri mantan Bupati Kukar H Syaukani HR itu.

Rita berharap agar yang menerima kurban darinya, benar-benar orang yang pantas menerima.

Dia juga mengingatkan agar kemasan daging kurbannya saat akan dibagikannanti tidak memakai plastik hitam.

"Saya dengar dari para ahli, plastik hitam itu berpengaruh kurang baik terhadap makanan termasuk daging," demikian pungkasnya.

Pada pelaksanaan Idul Adha tahun lalu (2012) Rita Widyasari juga secara pribadi menyumbangkan 120 ekor sapi sebagai hewan kurban.

Namun karena stok sapi kurang kata Rita sehingga tahun ini (2013) hanya menyumbang 100 ekor.

Sementara Pemkab Kutai Kartanegara tahun ini berkurban 15 ekor sapi yang juga di sebar di beberapa Kecamatan. (*).

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013