Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Sedikitnya 11 rumah warga di RT 5, Desa Rempanga, Kecamatan Loa Kuluaran, Kutai Kartanegara hangus dilalapi api, Senin.
 
Kebakaran yang melanda RT 5 di Gang Keluarga 2 dan 3 itu berlangsung sekitar pukul 04.45 Wita menyebabkan 10 Kepala Keluarga atau 38 jiwa harus kehilangan tempat tinggal.
     
Salah seorang saksi mata, Arbain NS mengatakan, kebakaran tersebut berlangsung sangat cepat.

"Lokasi kebakaran itu tidak jauh dari tempat tinggal saya. Api tiba-tiba berkobar kemudian menyambar rumah-rumah warga. Saat itu, sebagian besar warga masih terlelap namun untungnya, kejadian ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa," kata Arbain yang juga mantan Kepala Desa Rempanga tersebut.
     
Kerugian akibat kebakaran yang menghanguskan 11 rumah warga itu kata Arbain diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.
     
Sementara, Ketua RT 5 Desa Rempanga Muhamad Kasim, ditemui di Posko Peduli Kebakaran mengatakan musibah kebakaran itu dididuga berasal dari diduga disebabkan hubungan pendnek arus listrik dari rumah salah seorang warga.

"Kejadian ini berlangsung sangat cepat karena ke 11 unit rumah  yang terbakar semuanya terbuat dari material kayu,” ujarnya.

Warga yang rumahnya hangus terbakar kata dia untuk sementara harus mengungsi ke rumah keluarga atau tetangga terdekat.

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara lanjut Muhamad Kasim telah memberikan bantuan dan mendirikan Posko Peduli Kebakaran.

"Batuan yang terdaftar diantaranya dari Camat dan Danramil Loa Kulu, Wakil Bupati Kukar Ghufron Yusuf dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Sedang bentuk bantuan selain makanan siap saji juga sejumlah pakaian bekas layak pakai serta sejumlah uang.(*)

Pewarta: Johan A Hakim

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013