Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Berau, Syarifatul Sya'diah menyarankan Pemerintah Kabupaten Berau agar mempertahankan sejarah dan budaya lokal yang dimiliki, karena merupakan  wujud pelestarian budaya.

“Dengan kehadiran IKN Nusantara, maka Kabupaten Berau  akan lebih dikenal  suku dan budaya serta kearifan lokal  oleh wisatawan dari dalam negeri maupun manca negara,” katanya di Tanjung Redeb, Senin (17/10/2022).

Dia yakin dengan kehadiran IKN nanti nya akan berdampak besar pada sejarah dan budaya yang dimiliki Kabupaten Berau. Wisatawan akan  berkunjung  dan ingin mengetahui sejarah atau Kesultanan, seperti Kesultanan Gunung Tabur dan Kesultanan Sambaliung dimana kedua Kesultanan tersebut memiliki ciri khas sejarah dan budaya masing-masing.

“Kehadiran IKN jangan sampai kita meninggalkan budaya yang sudah menjadi ciri khas Kabupaten Berau," katanya.

Menurut Syarifatul, pasti nantinya akan  ada pergeseran budaya ketika IKN hadir, oleh karena itu  budaya asli Berau jangan sampai hilang dan terbawa arus zaman.

"Sejarah dan Budaya Kabupaten  Berau akan menjadi daya tarik wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri,” yakinnya.

Syarifatul juga berharap, kepada  OPD terkait bisa memprogramkan kegiatan-kegiatan yang bernuansa kebudayaan asli Berau. Hal itu salah satu upaya  melestarikan sejarah  dan  budaya yang dimiliki Berau.

"Mari kita bersama-sama menjaga dan merawat sejarah serta budaya asli Berau.  Karena itu harus kita lestarikan,” ajaknya.(Adv/DPRD Berau)

Pewarta: Indra

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022