Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan tiga kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada Kamis (13/10)-Jumat (14/10) sehingga semua pihak diminta waspada terhadap dampaknya.

"Peristiwa ini antara lain dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Ilham Rosihan Fachturoni di Balikpapan, Rabu.

Informasi prakiraan cuaca ini telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, agar dapat dilakukan antisipasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Sebanyak tiga kabupaten yang diprakirakan mengalami peristiwa tersebut, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, dan Mahakam Ulu, sedangkan di kabupaten/kota lainnya diprakirakan hujan ringan hingga sedang.

Di Kutai Barat pada Kamis (13/10), sekitar pukul 17.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi pada dua kecamatan, yakni Long Iram dan Linggang Bigung.  Pukul 20.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Bentian Besar, Damai Long Iram, Muara Pahu, Jempang, Linggang Bigung, Muara Lawa, Penyinggahan, dan Tering.

Pada Jumat (14/10), dini hari hingga sekitar pukul 08.00 Wita, hujan ringan hampir merata terjadi di semua kecamatan, kecuali Kecamatan Bentian Besar, Damai, Penyinggahan, dan Siluq Ngurai.

Untuk Kabupaten Kutai Kartanegara, lanjutnya, pada Kamis (13/10), sekitar pukul 20.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Muara Muntai, Kenohan, Tabang, dan Muara Wis.

Pada Jumat (14/10), dini hari sekitar pukul 02.00 Wita, hujan ringan ke sedang berpotensi terjadi di Kecamatan Muara Jawa, Muara Muntai, Anggana, Kembang Janggut, Kenohan, Loa Janan, Muara Wis, Samboja, dan Tenggarong Seberang.

Di Kabupaten Mahakam Ulu, pada Kamis (13/10), sekitar pukul 17.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Long Apari, Long Bagun, Long Hubung, Long Pahangai, sedangkan pukul 20.00 Wita kejadian serupa berpotensi di Kecamatan Long Bagun dan Long Hubung.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022