Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi menyebut dalam suasana pendidikan dengan kurikulum merdeka , sekolah harus dijadikan taman bagi murid-murid agar tercipta karakter yang bermanfaat bagi lingkungan sosialnya.

"Pendidikan hakekatnya bukan hanya memberi pengetahuan dan pengajaran, tetapi yang paling penting adalah menciptakan perubahan perilaku anak didik kita menjadi lebih disiplin, lebih, sehat, lebih perhatian terhadap lingkungan sekolah sehingga tercipta generasi berkualitas yang bermanfaat bagi lingkungan sosialnya," kata Rusmadi di Samarinda, Selasa.

Hal tersebut disampaikan Rusmadi pada Bimtek UKS dan Peningkatan Kapasitas Penanggung jawab Ketua Tim Pelaksana SMP Negeri dan SMP swasta  se- Kota Samarinda yang digelar Dinas Pendidikan Samarinda.

Rusmadi yang juga Ketua Tim Penggerak Usaha Kesehatan Sekolah (TP UKS) Kota Samarinda menekankan bagi guru agar menciptakan lingkungan sekolah yang bersih.

"Kita menempatkan Bimtek UKS ini sebagai posisi strategis untuk sekolah-sekolah ini supaya menjadi sekolah yang sehat, sekolah yang bersih, sekolah yang rindang dan sekolah yang menyenangkan bagi anak-anak kita," tegasnya.

Sementara itu, PLH Kabid SMP, Nur Patria mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda menambahkan, kebersihan sanitasi dan jajanan luar sekolah juga harus menjadi perhatian para guru Bimtek UKS tersebut.

"Guru-guru harus memperhatikan dan menegaskan kepada para penjual jajanan di luar lingkungan  sekolah agar tidak mangkal di wilayah sekitar sekolah. Sebab para penjual jajanan tersebut tidak bisa kita memonitor kesehatan maupun higienis makanannya," ujar Nur Patria.

Pewarta: R'Sya Rahmadina

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022