Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah menyerahkan hibah tanah dan bangunan yang akan dimanfaatkan untuk Asrama Mahasiswa kepada Pemkab Bulungan, Kalimantan Utara.


Serah terima aset tersebut diwakili Pj Sekda Provinsi Kaltim Riza Indra Riadi kepada Pemerintah Kabupaten Bulungan, di Ruang Tepian I Kantor Gubernur Kaltim, Senin 19 September 2022.

Tanah dan bangunan yang berlokasi di Jalan KH Wahid Hasyim, Kelurahan Sempaja Samarinda itu akan dimanfaatkan sebagai tempat tinggal bagi para Mahasiswa asal Kabupaten Bulungan yang berkuliah di Kota Samarinda.

Kabupaten Bulungan awalnya merupakan bagian dari wilayah Provinsi Kaltim, namun sejak 2012 telah menjadi bagian dari Provinsi Kalimantan Utara.

Legalitas tanah dan bangunan yang difungsikan untuk Asrama Mahasiswa tersebut masih menjadi aset Pemprov Kaltim, dan Pemkab Bulungan hanya mengantongi izin pinjam pakai.

Riza mengatakan penyerahan hibah ini tidak lain memperpanjang tali silaturahmi antara Pemprov Kaltim dengan Kalimantan Utara khususnya Pemkab Bulungan. Artinya, ada hubungan emosional yang tidak terlepqs antara Kaltim dan Kaltara yang sebelumnya adalah satu saudara, tetapi terpisah dengan adanya pemekaran wilayah.

“Kita minta lahan dan bangunan dapat betul-betul dipelihara. Artinya, penyerahan ini sebagai bukti perhatian Pemprov Kaltim selama kepemimpinan Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi,” ucap Riza Indra Riadi ketika penyerahan naskah perjanjian hibah daerah dan berita acara serah terima hibah antara Gubernur Kaltim dengan Bupati Bulungan Syarwani, di Ruang Tepian I Kantor Gubernur Kaltim. 

Bagi Riza, sumber daya manusia (SDM) Kabupaten Bulungan yang menjadi ibu kota Provinsi Kaltara harus maju, sehingga tidak tertinggal oleh SDM dari luar daerah. 

Karena itu, hibah ini hendaknya dimanfaatkan dengan baik untuk kepentingan masyarakat di daerah, sehingga Kabupaten Bulungan sudah menyiapkan SDM berkualitas di masa akan datang.

“Selamat atas penyerahan hibah lahan dan bangunan ini. Semoga bangunan ini menjadi pusat pertemuan mahasiswa Bulungan yang menjalani pendidikan di perguruan tinggi di Kaltim khususnya Samarinda,” pesannya.

Plt Kepala BPKAD Kaltim Fahmi Prima Laksana mengatakan pertemuan dalam rangka proses akhir tindak lanjut hibah tanah milik Pemprov Kaltim kepada Pemerintah Kabupaten Bulungan.

“Sebelumnya, lahan ini berstatus hanya pinjam pakai saja dengan jumlah dua bidang lahan. Yang selanjutnya dimanfaatkan untuk gedung Asrama Mahasiswa Putra dan Putri Pemkab Bulungan, berlokasi di Jalan KH Wahid Hasyim, Kelurahan Sempaja Samarinda," jelas Fahmi.

Kemudian, sebelum dilakukan proses penyerahan ini, Pemkab Bulungan juga telah melakukan permohonan hibah pada 2020 terhadap dua bidang tanah tersebut kepada Pemerintah Provinsi Kaltim. Dengan pertimbangan yang sangat mendasar adalah Pemkab Bulungan berkomitmen meningkatkan kualitas SDM.

Selain itu, Pemkab Bulungan juga berkeinginan meningkatkan sarana dan prasaran pendidikan dengan harapan adanya alumni asal daerahnya kembali mengabdi untuk daerah yang telah menyelesaikan pendidikan di Kota Samarinda.

Selanjutnya Pemprov Kaltim melalui BPKAD selaku pembantu pengelola barang milik daerah menindaklanjuti permohonan dimaksud dengan melakukan penelitian administrasi dan cek fisik bangunan dan adanya persetujuan hibah dari Gubernur Kaltim Isran Noor. 

Kemudian diterbitkan Keputusan Gubernur Kaltim tentang pemberian hibah barang milik daerah. Adanya penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah serta penandatanganan berita acara serah terima hibah daerah.

"Jadi, saat ini tinggal proses tahap penyerahan dokumen yang diserahkan langsung oleh Gubernur Kaltim Isran Noor melalui Pj Sekda Provinsi Kaltim Riza Indra Riadi," jelasnya.

***3***

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022