Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 48 calon haji Kutai Kartanegara (Kukar) yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 12 embarkasi Balikpapan, diberangkatkan dari masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong, Rabu.

"48 Calhaj tersebut merupakan gelombang kedua atau kelompok terakhir calhaj reguler asal Kukar," ujar Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementrian Agama Kukar H Nasrun.

Calhaj Kukar kloter 12 yang berangkat dengan dua buah bus menuju embarkasi Balikpapan ini, akan bergabung dengan 57 calon haji asal Samarinda, 41 calon haji asal Balikpapan, 113 calon haji asal Berau serta 63 calon haji dari Kabupaten Bulungan.

Khusus untuk Calhaj Kukar didampingi dua petugas kesehatan, katanya.

Sebelumnya pada Senin, telah diberangkatkan calon haji Kukar gelombang pertama berjumlah 355 orang yang tergabung dalam Kloter 7.

Calon haji kloter 12 tersebut kata H Nasrun, berangkat dari bandara Sepinggan Balikpapan pada Kamis (26/9) pukul 16.25 wita kemudian transit di Jakarta sebelum bertolak ke Makkah untuk menjalankan ibadah haji.

Sementara, lokasi pemondokan calon haji Kloter 12 kata dia akan di tempatkan di pemondokan wilayah Bakhutmah, Makkah.

"Jarak Bakhutmah dari Masjidil Haram sekitar dua sampai 2,5 kilometer. Untuk akses ke Masjidil Haram, ada dua cara yakni dengan berjalan kaki bisa ditempuh lebih kurang 15 menit atau bisa juga naik "Shutle Bus" gratis sampai terminal Qudai, kemudian melanjutkan naik bus milik pemerintah Arab Saudi langsung ke Masjidil Haram, juga tanpa di pungut biaya," ungkapnya.

Sebelum berangkat, H Nasrun juga mengingatkan kepada Calhaj  bahwa suhu di Makkah mencapai 43 derajat celcius di siang hari.

"Minum yang cukup dan sebisanya untuk menghindari cahaya matahari langsung ketika beraktivitas, agar kondisi tetap terjaga," imbaunya kepada Calhaj.

Calon haji Kukar yang tergabung dalam kloter 12 ini dijadwalkan akan kembali ke tanah air pada 5 November 2013. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013