Samarinda (ANTARA Kaltim) - Satuan Reskrim Polresta Samarinda, Polda Kalimantan Timur, meringkus seorang pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) beserta barang bukti dua unit sepeda motor hasil kejahatan.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Samarinda, Komisaris Feby DP Hutagalung, Selasa menyatakan, pelaku bernama Selamat Riyanto (20) warga Jalan M Yamin Gang 1, RT 14 Kelurahan Gunung Kelua itu diringkus saat berada di Pasar Segiri.

"Pada Minggu (22/9) sekitar pukul 17.30 Wita, kami berhasil meringkus seorang pelaku curanmor. Penangkapan berlangsung di Pasar Segiri dan saat ditangkap pelaku tidak melakukan perlawanan," ungkap Feby DP Hutagalung.

Selain meringkus Selamat Riyanto, polisi lanjut Feby DP Hutagalung juga berhasil menyita barang bukti, dua sepeda motor yakni Yamaha F1ZR dan Honda Supra Fit.

"Penangkapan itu merupakan pengembangan atas laporan kasus pencurian kendaraan bermotor yang terjadi pada 1 dan 15 Agustus 2013 dengan tempat kejadian perkara di Jalan Teuku Umar dan Jalan Gerilya," katanya.

"Dari hasil penyelidikan, kami akhirnya berhasil meringkus Selamat Riyanto bersama dua unit motor yang dilaporkan hilang tersebut," ungkap Feby DP Hutagalung.

Kepada polisi, Selamat Riyanto kata Feby DP Hutagalung membantah sebagai pelaku pencurian bermotor.

"Dia (Selemat Riyanto) mengaku hanya sebagai pembeli motor hasil curian tersebut namun berdasarkan hasil penyelidikan, Selamat Riyanto merupakan salah satu pelaku pencurian kendaraan bermotor," kata Feby DP Hutagalung.

Polisi kata Feby DP Hutagalung juga belum bisa memastikan modus yang digunakan Selamat Riyanto dalam melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor.

"Dugaan sementara, pelaku menjalankan aksinya dengan cara menggunakan kunci `Letter T` namun sejauh ini kami masih terus mencari barang bukti yang biasa digunakan pelaku beraksi," ujar Feby DP Hutagalung.

Feby DP Hutagalun juga menghimbau masyarakat agar mewasapadai aksi pencurian kendaraan bermotor yang kerap terjadi di Kota Samarinda.

"Kami masih terus mengembangkan pengungkapan pelaku pencurian kendaraan bermotor ini sebab tidak menutupkemungkinan, dia terkait jaringan pelaku curanmor yang selama ini kerao beraksi di Kota samarinda. Kami juga meminta warga agar lebih berhati-hati saat memarkir kendarannya dengan selalu menggunakan kunci pengaman ganda agar meminimalisir resiko aksi curanmor," ungkap Feby DP Hutagalung.  (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013