Pemkot Samarinda siap menjadi tuan rumah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar atau Raimuna tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), pada 2023 di kawasan bumi perkemahan area Stadion Palaran.

"Hari ini kami lakukan survei untuk memastikan lahannya sudah clear and clean. Setelah ini akan dilanjutkan pematokan di setiap batas lahan," ujar Wakil Wali Kota (Wawalkot) Samarinda Rusmadi Wongso saat survei di lahan calon perkemahan di Samarinda, Sabtu. 

Sore tadi, Wawalkot Samarinda berkesempatan mengecek langsung kawasan yang akan dijadikan bumi perkemahan mendatang, guna memastikan titik lahan dan akses untuk menuju lokasi yang terletak di Kelurahan Rawa Makmur, Kecamatan Palaran tersebut. 

Memang tidak mudah menuju ke lokasi tersebut, sehingga Wawalkot Samarinda dan rombongan harus melalui medan jalan yang sedikit berlumpur dan berbukit, aksesnya pun tidak semua bisa dilalui oleh kendaraan roda empat.

Rusmadi yang juga Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Samarinda ini mengatakan, lahan yang akan dijadikan bumi perkemahan tersebut merupakan hibah dari warga sejak tahun 1993, dan kini kondisinya masih dalam keadaan aman.

Untuk itu, pihaknya mengucapkan syukur karena lahan yang dihibahkan warga sejak 29 tahun lalu masih aman, meski setelah ini tetap perlu memastikan kembali titik patoknya, karena ada beberapa bangunan yang sudah berdiri di sekitar lahan tersebut. 

Pemkot harus memastikan batas lahan seluas 10 hektare untuk keperluan bumi perkemahan mendatang, khususnya terkait status lahannya agar tidak ada tumpang tindih dengan masyarakat, karena sebelum pembangunan dilakukan, semua harus aman.

"Jika status lahan sudah clear and clean, maka pemerintah bisa langsung melakukan tahap perencanaan, kemudiaan dilanjutkan dengan pembangunan karena rencana Raimuna dilakukan tahun depan. Adanya pusat perkemahan ini tentu dapat memudahakan pengurus melakukan pembinaan pramuka yang perlu belajar di alam terbuka," ucap Rusmadi. (Advertorial)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022