Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur membutuhkan lebih kurang Rp300 juta untuk studi kelayakan pembangunan terminal tipe C yang dapat mendukung kebutuhan transportasi di daerah itu.

"Studi kelayakan bangun terminal tipe C sekitar Rp300 juta," ujar Kepala Bidang Sarana Prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara, Rusli di Penajam, Senin.
 
Ia mengakui anggaran Rp300 juta itu telah diusulkan pada 2022, tetapi tidak diakomodir karena Kabupaten Penajam Paser Utara tengah mengalami defisit keuangan untuk belanja lebih prioritas.
 
Menurut dia, Dishub siap mengajukan anggaran studi kelayakan pembangunan terminal yang berlokasi di belakang Pasar Induk, Nenang, Kecamatan Penajam, tersebut pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023.
 
Terminal tipe C tersebut peran utamanya adalah melayani kendaraan umum untuk angkutan perkotaan dan perdesaan di wilayah Penajam Paser Utara dan menjadi penunjang aktivitas ekonomi masyarakat.
 
"Kami siapkan lahan pemerintah kabupaten yang berada di belakang pasar untuk bangun terminal tipe C agar pengunjung pasar lebih ramai," jelas Rusli.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022