Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui stasiun di Kota Balikpapan, hari ini mendeteksi 33 titik panas tersebar pada enam kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah. 


"Sebanyak 33 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 wita hingga pukul 17.00 wita," ujar Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Heni Herlina di Balikpapan, Senin. 

Sebanyak 33 titik panas itu pun langsung ia informasikan ke pihak terkait, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten setempat agar mendapat penanganan lebih lanjut. 

Rincian dari enam kabupaten itu adalah di Kabupaten Paser ada 4 titik, Kutai Barat 3 titi, Kutai Timur 14 titik, Kutai Kartanegara 4 titik, Berau ada 7 titik, dan di Kabupaten Mahakam Ulu terdeteksi 1 titik panas. 

"Sedangkan rincian per kabupaten adalah untuk tujuh titik panas di Berau tersebar pada tiga kecamatan, yakni lima titik berada di Kecamatan Sambaliung, satu titik di Kecamatan Segah, dan satu titik di Kecamatan Talisayan," kata Heni. 

Kemudian tiga titik di Kabupaten Kutai Barat tersebar pada tiga kecamatan, atau masing-masing kecamatan terdeteksi satu titik panas, yakni Kecamatan Damai, Barong Tongkok, dan Penyinggahan. 

Untuk empat titik panas yang terdeteksi di Kutai Kartanegara tersebar pada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Muara Kaman ada dua titik, Kecamatan Kembang Janggut dan Tenggarong Seberang masing-masing ada satu titik. 

Berikutnya di Kutai Timur yang terdeteksi 14 titik panas, tersebar pada lima kecamatan, yakni satu titik di Kecamatan Bengalon, empat titik di Kecamatan Busang, titik di Kecamatan Muara Wahau, empat titik di Kecamatan Rantau Pulung, dua titik di Kecamatan Telen. 

"Untuk Kecamatan Mahakam Ulu yang terdeteksi satu titik, berada di Kecamatan Long Bagun, yakni pada koordinat 115.2939 bujur dan 0.1242 lintang," ucap Heni. 

Kemudian di Kabupaten Paser yang terdeteksi empat titik panas, tersebar pada tiga kecamatan, yakni dua titik di Kecamatan Long Kali, kemudian Kecamatan Batu Engau dan Tanjung Harapan masing-masing ada satu titik.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022