Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur menjadi sasaran utama vaksinasi COVID-19 dosis tiga atau penguat di daerah itu.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara Ahmad Usman di Penajam, Selasa, mengatakan ASN yang belum divaksin dosis ketiga akan menjadi sasaran utama program vaksinasi penguat itu.

Dengan memprioritaskan ASN tersebut, diharapkan persentase capaian vaksinasi dosis ketiga di daerah itu terjadi peningkatan secara signifikan.

Hingga saat ini, terdata ASN yang telah menerima vaksinasi penguat sekitar 50 persen dari jumlah total ASN di lingkungan pemerintah kabupaten setempat.

"Dari lebih kurang 7.000 PNS, baru sebagian yang telah divaksin booster (penguat), jadi sekitar 50 persen belum lakukan vaksinasi dosis tiga," ujarnya.

Penyebab ASN tidak melakukan vaksinasi dosis ketiga karena merasa cukup dengan vaksinasi dosis kedua.

Padahal diharuskan kepada masyarakat untuk melakukan vaksinasi dosis ketiga, sedangkan ASN menjadi contoh bagi masyarakat dalam program tersebut.

Ia mengatakan banyaknya ASN yang belum melakukan vaksinasi penguat menjadi salah satu penyebab capaian vaksinasi dosis ketiga di daerah berjuluk "Benuo Taka" itu, terbilang rendah.

Pemerintah kabupaten, kata Ahmad Usman, berupaya mencapai vaksinasi COVID- 19 sesuai target, yakni 153.337 sasaran.

Hingga saat ini tercatat capaian vaksinasi dosis ketiga 30 persen, dosis kedua 94 persen, dan dosis kesatu 99 persen.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022