Samarinda (ANTARA Kaltim) - Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kota Bontang menjadi juara pertama lomba perpustakaan kabupaten/kota tingkat provinsi yang diselenggarakan Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur.

Menurut Kepala Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim Sri Sulasmi Retno Wijayanti, Jumat, lomba perpustakaan merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan sebagai upaya pembinaan bagi perpustakaan umum pemerintah daerah.

"Melalui lomba perpustakaan ini, kita akan melihat sejauh mana komitmen pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan perpustakaan di daerahnya. Terlihat dari tata kelola serta fasilitas secara kelembaaan maupun ketersedioaan buku-buku maupun fasilitas pendukung lainnya," kata Sri Sulasmi.

Keberadaan perpustakaan sangat penting dan strategis terutama dalam mendukung terciptanya masyarakat yang cerdas serta berwawasan melalui kegemaran membaca, katanya.

Sementara itu, juara kedua diraih Kantor Arsip dan Perpustakaan Balikpapan dan juara ketiga direbut Kantor Perpustakaan Umum Berau. Juara harapan I dimenangkan Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Nunukan dan juara harapan II diraih Kantor Perpustakaan dan Arsip Samarinda.

Sedangkan pemilihan Pustakawan Berprestasi untuk juara I dimenangkan Ratna Fitriyani dari Kantor Arsip dan Perpustkaan Balikpapan, juara II direbut Indi Harsono dari Perpsutakaan MAN 2 Samarinda serta juara III diperoleh Kusiatun dari Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim.

Harapan I diterima Rachmawati dari Perpustakaan SD Bunga Bangsa Samarinda dan Harapan II oleh Darto Pramono dari Perpustakaan SD Nasional KPS Balikpapan.

Selanjutnya Lomba Bercerita Siswa SD/MI tingkat Provinsi untuk juara I dimenangkan Adinda Hasiseh Indriansyah siswi SDN 001 Balikpapan dan juara II direbut Alvina Zakiyyatuz Zahro siswi SDIT Darussalam Sangatta.

Juara III diraih Rezky Novi Suprianti siswi SDN Utama 1 Tarakan dan juara harapan I diterima Tiara Nabaneeta siswi SD 2 Yayasan Pupuk Kaltim Bontang serta juara harapan II diperoleh Muhammad Juliansyah siswa Madrasah Ibtidaiah Miftahul Ulum Anggana Kutai Kartanegara.   (*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013