Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Desa Uko Kecamatan Muara Komam Kabupaten Paser meraih juara pertama pada lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Kaltim yang digelar 25 - 27 Juni 2022 di Kabupaten Kutai Kartanegara.


"Atas keberhasilan ini, Posyantek Desa Uko akan mewakili  Kaltim pada lomba TTG tingkat nasional, " kata Kepala Posyantek Desa Uko, Ali Maulana Selasa (28/6). 

Ia mengatakan, salah satu program andalan Posyantek hingga meraih juara pertama, adalah program  kemitraan posyantek dengan perusahaan untuk mengembangkan usaha kecil menengah melalui inovasi TTG. 

"Program kemitraan Posyantek Desa Uko dengan perusahaan menjadi poin tertingggi dalam lomba ini," katanya.

Ali menyebutkan sejauh ini kemitraan yang telah dilakukan  untuk pengembangan Posyantek Desa Uko yakni melakukan kerjasama dengan PT. Kideco, Bankaltimtara, PT. Bima Nusantara Internasional, dan Kodim 0904 Paser.

Lanjut Ali kontribusi Posyantek terhadap pendapatan desa juga menjadi penilaian juri.

"Adapun pelatihan yang dilaksanakan Posyantek Desa Uko diantaranya pelatihan produk kopi dari Kideco, alat jemur efek kaca modal dan pemasarannya dari Bankaltimtara, dan pemasaran minyak goreng di Binsik Kodim," ujar Ali.

Sementara Kabid Perekonomian Desa Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa Kabupaten Paser Agus Wahono menegaskan Posyantek Desa Uko akan mewakili Kaltim di lomba TTG tingkat nasional di Cirebon Oktober mendatang, karena telah berhasil meraih juara pertama pada lomba  Posyantek tingkat Provinsi Kaltim.


 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022