Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Paser berencana meminjam  sebanyak 3.000 blanko KTP elektronik (KTP-el) kepada ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk memenuhi kebutuhan pencetakan KTP. 


“Rencana minggu ini kami pinjam 3.000 blanko ke pemerintah provinsi,” kata Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Disdukcapil Paser, M. Ari Padriansyah, Senin (20/6). 

Ia mengatakan, blanko yang dipinjam tersebut akan dikembalikan jika Disdukcapil Paser mendapat kiriman blanko dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Misalnya, Pemkab Paser  nantinya mendapatkan jatah 8.000 blanko dari Kemendagri, nanti jatahnya dikurangi 3.000 blanko. Jadi tidak mengurangi stok blanko Provinsi Kaltim,” ucap Padriansyah.

Menurutnya,  persediaan blanko KTP-el di Disdukcapil Paser masih  ada sekitar 2.000 blanko dan diperkirakan akan habis dalam bulan ini.

Lanjut Padriansyah, Hingga saat ini Disdukcapil Paser masih melayani pencetakan KTP-el baik itu untuk keperluan perubahan identitas, domisili, maupun pembuatan KTP-el baru.

Dikemukakannya, selama masih ada persediaan  blanko, maka semua akan dilayani. Tetapi jika persediaan menipis, maka akan diprioritaskan bagi  warga yang baru membuat KTP,” terang Padriansyah.

Ia menambahkan, saat ini belum ada pelayanan perekaman KTP-el secara masif menjelang penyelenggaraan Pemilu serentak 2024.

“Biasanya Kemendagri telah memetakan kebutuhan blanko setiap daerah menjelang Pemilu. Kami tinggal menunggu saja,” katanya.

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022