Sangatta (ANTARA Kaltim)- Desk Pemilu Kepala Daerah Kutai Timur menggelar rapat koordinasi dengan agenda persiapan Pilkada Kaltim periode 2013-2018 bertempat di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bukit Pelangi Sangatta, Kamis, (22/8).

Dilaporkan bahwa Sekretaris Kesbangpol Indra Bengeh memimpin rapat terkait persiapan menghadapi tahapan paling signifikan dalam Pilkada Kaltim, yakni pemberian suara pemilih untuk menetapkan calon gubernur dan wakilnya pada 10 September 2013.

Rapat itu melibatkan pejabat terkait, antara lain dari KPU, Inspektorat, Polres, Dinas Perhubungan, Kodim 0909/SGT, Subdenpom, Panwaslu, dan Satpol PP Kutai Timur.

Dalam keterangannya usai rapat, Sekretaris Kesbangpol, Indra Bengeh mengatakan bahwa pembahasan hanya focus pada persiapan Pilkada seperti keamanan, distribusi logistik, lokasi kampanye para calon dan lainnya.

"Khusus untuk keamanan akan menjadi perhatian utama semua pihak agar Pilkada berjalan lancar dan aman sehingga pilkada menghasilkan pemimpin yang benar-benar dipilih rakyat," kata Indra Bengeh.

Sedangkan untuk lokasi kampanye para calon, awalnya di beberapa titik, namun berdasarkan informasi dari Provinsi, bahwa lokasi kampanye hanya satu titik saja untuk semua calon, yakni dilapangan Swargabara Sangatta Utara.

"Lokasi kampanye terbuka untuk semua calon hanya satu titik yakni dilapangan Swargabara. Sedangkan untuk disetiap kecamatan tidak ada kampanye terbuka," kata Indra Bengeh didampingi Kabid Linmas Amir.

Indra Bengeh menambahkan, semua pihak yang terkait didalam pelaksanaan Pilkada sudah siap menjalankan tugasnya dengan baik pula.

Terkait hasil pilkada nanti, Indra Bengeh mengatakan, pihaknya akan mengutus petugas /staf dari Kesbangpol Kutai Timur ke kecamatan-kecamatan untuk melaporkan hasilnya kepada desk pilkada kabupaten dari tempat pengumutan suara (TPS) yang kemudian akan diterus ke desk pilkada provinsi.

"Ada petugas yang nantinya akan melapor dari masing-masing kecamatan, sehingga hasilnya dapat dipertanggung jawabkan," katanya menambahkan.

KPU Kutai Timur Mardianto melalui anggotanya Hasbullah mengatakan, untuk logistic baru akan tiba pada H-10 Pilkada dan hari itu juga akan kami distirbusikan ke seluruh kecamatan.

"Logistik tidak masalah dan akan tiba di Sangatta H-10 dan langsung kami distribusikan ke semua kecamatan dan selanjutnya dikirim ke masing-masing tempat pemungutan suara TPS," katanya.  (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013