Samarinda (ANTARA Kaltim) - Organisasi Angkutan Darat (Organda) Provinsi Kaltim sepakat menggratiskan penumpang usia 60 tahun ke atas untuk semua rute antarkota dalam provinsi, seperti Samarinda - Balikpapan, Samarinda - Bontang, Samarinda - Melak dan jurusan lainnya.

"Penumpang yang berusia lanjut atau 60 tahun ke atas sudah kami sepakati tidak dipungut biaya, penumpang tinggal menunjukkan KTP kepada kenek bus, apabila benar usianya minimal 60 tahun, tidak dipungut biaya sepeserpun pun," kata Ketua Organda Kaltim, Ambo Dalle di Samarinda, Senin.

Untuk itu, apabila ada kenek yang masih memungut biaya bagi penumpang yang usianya 60 tahun ke atas, maka penumpang itu boleh melaporkan kepadanya disertai bukti sehingga dia bisa memberikan sanksi kepada keneknya.

Pemberlakuan gratis bagi penumpang usia lanjut tersebut mulai dilakukan pada 4 hingga 12 Agustus, atau empat hari sebelum Idul Fitri dan empat hari setelah Idul Fitri.

Dia juga mengatakan bahwa untuk mengantisipasi meningkatkatnya jumlah arus mudik pada lebaran ini, pihaknya menurunkan sebagian besar armada bus yang ada.

Jumlah yang disiapkan lebih dari 400 bus yang beroperasi di seluruh wilayah Kaltim, termasuk bus jurusan Samarinda - Balikpapan - Banjarmasin (Kalimantan Selatan).

Kemudian bus jurusan Samarinda - Bontang - Samarinda - Balikpapan, Samarinda - Melak. Semua jurusan itu untuk melayani angkutan pulang pergi (pp).

Sedangkan total angkutan darat baik bus, minibus, maupun taxi berargo yang siap melayani arus mudik warga Kaltim tahun ini mencapai 1.666 angkutan darat, terdiri dari trayek antarkota antarprovinsi (AKAP) dan trayek untuk antarkota dalam provinsi (AKDP).

Untuk trayek AKAP dengan rute Samarinda, Balikpapan, Penajam, Paser ke Banjarmasin pp, jumlah armada yang disiapkan mencapai 82 bus.

Rinciannya adalah jumlah bus besar sebanyak 59 unit dengan kapasitas rata-rata 45 penumpang, sehingga dalam sehari mampu mengangkut penumpang sebanyak 2.655 orang ditambah barang bawaan.

Selanjutnya bus kecil AKAP sebanyak 23 unit dengan kapasitas rata-rata 18 penumpang, sehingga dalam satu hari dapat mengangkut penumpang sebanyak 828 orang.

Sedangkan untuk trayek AKDP, total kendaraan yang disiapkan sebanyak 1.584 unit mulai dari bus hingga taxi argometer.

Rinciannya adalah jumlah bus besar sebanyak 81 unit dengan trip per hari pulang pergi rata-rata 2,93 kali, sehingga dalam sehari mampu mengangkut penumpang sebanyak 10.680 orang, baik untuk rute Samarinda - Balikpapan maupun Samarinda - Bontang.(*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013