Sebanyak 847 peserta berasal dari sembilan Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Timur ikut berpartisipasi pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 43 tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang berlangsung di Kota Samarinda.


Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor membuka secara resmi pelaksanaan MTQ tersebut di halaman parkir GOR Segiri Samarinda pada Senin malam, 23 Mei 2022.

Acara Pembukaan diawali dengan pawai Ta’aruf (perkenalan) yang digelar di depan Sekretariat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim, Jalan Kesuma Bangsa dan keliling beberapa jalan protokol di Samarinda.

Dari sepuluh kabupaten/kota di Kaltim hanya Kabupaten Mahakam Ulu yang absen mengirimkan kontingen.

Dalam sambutannya Isran Noor mengaku bersyukur pelaksanaan MTQ ke-43 tingkat Kaltim berlangsung Samarinda dan pagelaran terlaksana dengan normal. Maklum saja, tahun lalu agenda ini terbatas karena pandemi COVID-18.

Isran berharap agar MTQ bisa memberikan manfaat bagi umat Islam dan masyarakat pada umumnya.

“Semoga Samarinda menjadi kota indah, jadi pusat peradaban bangsa,” kata Isran Noor dalam sambutannya.

Sementara itu, Wali Kota Samarinda, Andi Harun mengatakan, tujuannya diselenggarakannya MTQ tak lain sebagai penyambung jalinan silaturahmi antara peserta dan menumbuhkan niat baca Alquran.

“Jadi bukan hanya sekadar lomba saja, akan tetapi untuk menggali nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur’an sehingga melahirkan generasi berdaulat,” tuturnya.

Lebih lanjut dia menerangkan, pagelaran MTQ Kaltim akan berlangsung hingga 29 Mei mendatang atau selama 7 hari ke depan. Lokasinya berbeda-beda untuk sembilan cabang lomba. Totalnya ada 10 dan tak jauh dari panggung utama.

“Masih berada di sekitar Gor Segiri. Misalnya Masjid Al-Jihad Madrasah Aliyah Negeri 2, Aula Gedung Kehutanan Kaltim, Aula Wirayuda Korem dan Ruang Mangkupalas Gedung Balai Kota,” sebutnya

Andi Harun menambahkan, tahun ini menjadi momentum sudah lama dinanti masyarakat Kota Tepian. Selain menjadi tuan rumah dalam perhelatan MTQ tingkat provinsi, pihaknya juga memiliki harapan besar terhadap para kafilah Samarinda.

“Target kami memang besar ingin menjadi juara umum,” sebutnya.

Andi Harun berharap, pelaksanaan MTQ Kaltim di Samarinda juga dapat mendongkrak perekonomian daerah. Antara lain melalui transaksi jual beli usaha masyarakat yang berjualan di dekat panggung utama bisa mendapat keuntungan. (Adv)
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022