Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengimbau seluruh lembaga amil zakat untuk siap diaudit oleh lembaga independen sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat dalam pengelolaan dan pendistribusian zakat.

Rizal Effendi di Balikpapan, Jumat, mengatakan, hal itu harus diperhatikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan amil lainnya agar masyarakat dapat terus percaya dan menyalurkan zakatnya di lembaga amil zakat.

"Selain itu, lembaga zakat juga harus siap memaparkan penggunaan anggaran secara transparan kepada masyarakat, bukan hanya melaporkan kepada Kementerian Agama sehingga pemanfaatannya benar-benar sesuai syariah," katanya.

Pihaknya juga berharap program amil zakat hendaknya lebih banyak diarahkan pada program pemberian manfaat dan pemberdayaan ketimbang program kampanye atau sosialisasi, katanya.

Selain diaudit keuangan juga diaudit pendistribusiannya untuk mengetahui distribusinya sudah proporsional atau tidak dan tepat sasaran atau tidak," kata Rizal.(*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013