Pelaksana tugas (Plt) Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Hamdam Pongrewa berharap Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas menjadi momentum untuk bangkit dari pandemi COVID-19.

Tema Harkitnas ke-144 "Ayo Bangkit Bersama", kata Hamdam Pongrewa di Penajam, Jumat, merupakan bentuk seruan agar bangsa Indonesia bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

"Peringatan Harkitnas harus menjadi momentum bagi masyarakat untuk segera bangkit dari COVID-19," ujarnya.

Dia meminta peringatan Harkitnas jangan hanya dimaknai sebagai kegiatan seremonial saja, melainkan esensi historis atau sejarah di balik peringatan tersebut harus dimaknai secara mendalam. 

Semangat perkumpulan Boedi Oetomo, menurut dia, juga masih relevan dalam kehidupan berbangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.

Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan yang didirikan dr. Soetomo pada 1908.

Memaknai semangat pantang menyerah dr. Soetomo untuk memperingati Harkitnas, kata dia, menjadi tonggak kebangkitan bangsa Indonesia dari pandemi COVID-19.

Penanganan COVID-19 di Indonesia yang semakin membaik juga membuat aktivitas masyarakat kembali normal dan perlahan mendorong pemulihan ekonomi nasional.

"Penanganan COVID-19 makin menunjukkan hasil yang positif dan capaian vaksinasi virus corona terdata cukup tinggi," jelasnya.

"Mari terus bekerja keras dan bersama-sama menjaga, pertahankan dan tingkatkan perekonomian yang terdampak COVID-19," tambahnya.

Hamdam Pongrewa juga mengimbau masyarakat tetap waspada dan terus meningkatkan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan kendati pandemi COVID-19 perlahan mulai melandai.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022