Pergerakan arus mudik jalur darat di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, hingga satu hari menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah relatif lancar dan aman.

Pantauan ANTARA di Penajam, Minggu, di ruas jalan utama di Kabupaten Penajam Paser Utara terlihat pemudik melakukan perjalanan, baik menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi roda dua dan roda empat.

Informasi yang diperoleh dari petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara sampai saat ini arus mudik Lebaran di jalur darat lancar dan aman.

"Pantauan petugas sejauh ini arus mudik gunakan moda transportasi darat situasinya aman dan belum ada kejadian luar biasa," Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara, Arifin Damis.

Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara mengerahkan puluhan petugas berjaga di sejumlah lokasi yang dinilai rawan kecelakaan. 

Petugas bersama anggota Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor atau Satlantas Polres Penajam Paser Utara menurut dia, melakukan pemantauan di sejumlah ruas jalan yang dilalui pemudik.

"Kami fokuskan pantauan di sepanjang jalan yang terdapat banyak lubang di tengah jalan dan jalan rusak mengantisipasi terjadinya kecelakaan," ucapnya.

"Dari laporan petugas di lapangan arus mudik jalur darat di wilayah Penajam Paser Utara tergolong ramai lancar dan kondusif," tambahnya.

Arus mudik Idul Fitri 1443 Hijriah, terdata didominasi pemudik dari Kota Balikpapan menuju Kabupaten Penajam Paser Utara.

Dari Jumat (29/4) hingga saat ini kata Arifin Damis, belum ada lonjakan pemudik dari Kecamatan Sepaku menuju Kabupaten Paser dan Kota Balikpapan.

Laporan Koordinator Pengawasan Jalan atau Wasdal Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara, arus kendaraan dari arah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara menuju Kabupaten Paser dan Kota Balikpapan masih normal.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022