Arus mudik lebaran H-1 menjelang Hari Raya Idul Fitri di Provinsi Kalimantan Timur baik melalui jalur transportasi laut, darat maupun udara terpantau padat.



"Situasi arus mudik jalur laut, udara dan darat di Provinsi Kaltim, baik datang maupun pergi terpantau padat, berdasarkan hasil laporan para petugas di lapangan per 30 September 2022,” kata Kadishub Kaltim AFF Sembiring dalam keterangan resmi diterima di Samarinda, Minggu.

Sembiring menjelaskan kepadatan arus transportasi tersebut terpantau setelah dilakukan pengawasan di sejumlah titik keberangkatan maupun kedatangan masyarakat yang mudik lebaran.

Dia mengatakan untuk transportasi darat telah terjadi peningkatan dan kepadatan penumpang di terminal Sungai Kunjang Samarinda yang mayoritas penumpang tujuan Muara Muntai. 

“Sempat terjadi kekurangan kendaraan bus, sehingga ada pengalihan 1 unit bus Damri dari terminal Lempake yang harusnya ke Bontang dialihkan ke Muara Muntai,” jelasnya.

Kemudian, Bidang Pelayaran (Angkutan Laut dan ASDP), dari Dermaga Sungai Kunjang Samarinda, dilaporkan ada 3 kapal yang dijadwalkan berangkat, yakni KM Nur Annnisa, tujuan Samarinda - Melak, penumpang 144 orang dan Barang (sembako) 10 Ton. KM Akbar Amanda – 01, tujuan Samarinda - Long Bagun, penumpang 142 orang dan Barang (sembako) 60 Ton. KM Kurnia Fratama – 03, tujuan Samarinda - Muara Pahu, penumpang 57 orang dan Barang (sembako) 5 Ton.

Sementara, situasi di Pelabuhan Semayang Balikpapan terpantau aman, lancar dan terkendali.

"Kapal tujuan Surabaya ada keberangkatan sebelum lebaran (H1) dan pada Sabtu 30 April 2022, sedangkan jadwal arus balik tanggal 9 dan 10 Mei 2022," ucap Sembiring.

Untuk kapal tujuan Pare-Pare keberangkatan sebelum lebaran (H1) terakhir hari Ahad 1 Mei 2022.

Kapal Bukit Siguntang tujuan Balikpapan - Tarakan diberangkatkan pukul 13.20 Wita. KM Dharma Rucitra VII tujuan Balikpapan - Surabaya diberangkatkan pukul 13.50 Wita pada hari Sabtu (30/4).

Situasi di Pelabuhan Penyeberangan Ferry Kariangau Balikpapan terpantau aman, lancar dan terkendali. KMP Laskar Pelangi tujuan Balikpapan - Mamuju dijadwalkan memberangkatkan penumpang.

Sembiring menambahkan untuk jadwal keberangkatan/ kedatangan kapal dari/ di Pelabuhan Bontang sebelum H1 lebaran sudah tidak ada, dijadwalkan ada kedatangan/keberangkatan kapal tanggal 13 dan 17 Mei 2022.

Jadwal keberangkatan/ kedatangan kapal dari/ di Pelabuhan Samarinda sebelum H1 lebaran sudah tidak ada.

Sedangkan Bidang Udara, Bandara APT Pranoto, total jumlah penumpang dari H-7 s/d H-3 (Jumat, 29 April 2022) berangkat sebanyak 7.328 orang dan datang 4.084 Orang. 

Sementara Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, total jumlah penumpang dari H-7 s/d H-3 (Jumat, 29 April 2022) berangkat 38.169 orang dan datang 21.809 orang.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022