Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Provinsi Kalimantan Timur, HM Yadi Robyan Noor mengatakan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) punya andil besar dalam meningkatkan ekspor nonmigas Kaltim secara nasional.


“Pertumbuhan nilai ekspor nonmigas Kaltim mencapai 80,75 persen, tertinggi kedua nasional, meski saat ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19,” kata Yadi Robyan Noor dalam keterangan resmi yang di terima di Samarinda, Sabtu.

Selama ini, ujar mantan Karo Humas Kaltim ini, ekspor Kaltim yang memberikan nilai penting bagi perekonomian nasional yakni sarang burung walet, udang, kayu olahan, pakan hewan, karet, palm kernel, palm acid oil, rumput laut, CPO, cangkang sawit, fatty palm oil, lada, lidi nipah, minyak jelantah, pupuk, batu bara dan migas.

“Hebatnya, lidi nipah Kaltim yang menjadi produk UMKM kini sudah mulai diekspor hingga ke Timur Tengah dan permintaan terus meningkat,” bebernya.

Produk ekspor lainnya yang menjadi komoditas unik sebagai ciri khas Kaltim di antaranya bawang tiway, ulap doyo dan sulam tumpar.

Roby menambahkan pihaknya akan merancang sejumlah program bertujuan menguatkan sektor UMKM dengan target pada tahun 2023 minimal 100 UMKM yang produknya sudah ekspor.

Selain itu, menguatkan kerja sama antar daerah seperti dengan Bali, Sulawesi Tengah dan Kalimantan Selatan juga mendorong pertumbuhan UMKM di daerah.

“Dengan Sulteng transaksi kerja sama perdagangan mencapai Rp2,8 miliar, sedangkan terbesar dengan Bali Rp23,05 miliar setelah itu Kalsel Rp13,7 miliar,” katanya.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022