Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Moeldoko dijadwalkan akan membuka Bakti Sosial (Baksos) Skala Besar 2013 di ibukota Kutai Kartanegara, Tenggarong, Sabtu (6/7).  

Upacara pembukaan Bakti Sosial Skala Besar TNI 2013 tersebut, rencananya akan dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Kutai Kartanegara dengan dimeriahkan tari massal 'Eroh Begenjoh' dan atraksi terjun payung oleh 10 anggota Kopasus.

Baksos TNI Skala Besar 2013 tersebut akan diisi berbagai kegiatan sosial diantaranya, pengobatan dan khitanan masal hingga operasi katarak serta pameran alutsista dan bazar.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0906 Tenggarong Letnan Kolonel (Letkol) Infantri Dandi Suryadi, mengatakan, pelaksaan Baksos Skala Besar TNI 2013 itu akan melibatkan semua unsur kekuatan TNI seperti TNI Angkatan Udara dan TNI Angkatan Laut.

"Rencananya, Baksos Skala Besar 2013 ini akan dibuka Kasat dan kegiatan ini akan diikuti semua unsur TNI namun yang lebih dominan dari TNI AD,” ujarnya.

Baksos Skala Besar TNI itu kata Dandi Suryadi diprioritaskan kepada masyarakat luas maupun keluarga besar TNI.

Kegiatan itu kata dia akan berlangsung selama sepekan.

“Baksos TNI Skala Besar 2013 ini bertujuan menunjukkan kepedulian TNI kepada rakyat serta sebagai upaya memberikan informasi kekuatan TNI dalam mempertahankan NKRI,” tandasnya. 

Bentuk kepedulian TNI itu kata Dandi Suryadi diwujudkan dalam kegiatan sosial seperti, khitanan masal, operasi bibir sumbing dan katarak, pelayanan kesehatan dan keluarga berencana.

“Semua kegiatan sosial itu dilakukan tanpa dipungut biaya atau  gratis,” ujarnya.

Tenaga medis dan para medis yang akan dilibatkan pada kegiatan itu lanjut dia didatangkan dari Rumah Sakit Gatot Subroto, Jakarta.

Sementara, dalam rangka memperkenalkan kekuatan TNI dalam mempertahankan NKRI ditunjukkan melalui pameran alat utama sistem persenjataan (Alutsista) yang terdiri, peralatan tempur dari tiga komponen TNI.

"Kami akan menampilkan berbagai komponen yang dimiliki TNI seperti, radar pelacak pesawat tempur milik arteleri pertahanan Udara (Arhanud), panser dan amphibi dari Korps Kavaleri, senapan serbu dan meriam milik Korps Infanteri," katanya.

Sementara Sersan Kepala Fadli dari Korps Arhanud  menjelaskan tentang kemampuan misil atau peluncur roket anti serangan udara yang baru dimiliki kesatuannya.

Misil anti serangan udara bersifat portabel dengan kemampuan melacak serangan udara musuh secara senyap di tengah kegelapan malam tanpa dapat dimonitor musuh.

Selain pameran alutsista dan kegiatan sosial, pada pelaksanaan Baksos TNI skala besar yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Kutai Kartanegara tersebut digelar bazaar aneka kerajinan dan pasar murah sembako.  (*)

Pewarta: Johan A Hakim

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013