Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Paser masih menunggu informasi dari Kementeria Agama RI terkait kuota calon jamaah haji 2013 menyusul adanya kebijakan pengurangan kuota haji.

"Apakah kuota calon jamaah haji di Paser dikurangi atau tidak kami masih menunggu informasi dari Kemenag RI," kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Kantor Kemenag Paser, H. Khairani, di Tana Paser, Jumat.

Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan pengurangan 20 persen jumlah calon jamaah (Calhaj) Indonesia yang berakibat adanya pengurangan kuoata di setiap daerah.

Menurut Khairani, kemungkinan adanya pengurangan terhadap kuota haji Paser bisa saja terjadi,  namun jika itu benar ada pengurangan, dia mengaku tidak tahu berapa kuota yang akan dikurangi.

“Rencananya, Kemenag RI  akan mengeluarkan keputusan mengenai pengurangan kuota haji pada akhir Juni ini," katanya.

Berdasarkan rapat koordinasi yang digelar pada Senin pekan lalu, tambah Khairani ada penjelasan mengenai bagaimana cara pengurangan kuota haji seperti, pengurangan ditentukan berdasarkan nomor porsi calhaj tertinggi atau  nomor urut porsinya.

“Nantinya, penetapan nama calhaj dikeluarkan oleh pemerintah pusat, bukan daerah,” katanya.

Daftar tunggu  haji yang terdaftar di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Paser telah mencapai kurang lebih 3.532 orang calon jemaah, sedangkan KKuota Haji Kabupaten Paser 2013 sebelum ada kebijakan pengurangan kuota jumlahnya sama dengan tahun sebelumnya (2012) yakni sebanyak 231 orang. (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013