Tenggarong (Antara Kaltim) - Sebanyak 329 personil dari Polres Kutai Kartanegara akan dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan Erau International Folklore & Art Festival (EIFAF) yang digelar mulai 30 Juni hingga 7 Juli 2013.

"Sebanyak 329 personel merupakan gabungan dari, 300 anggota Polres Kutai Kartanegara, 24 dari Polsek Anggana serta lima personel Polair," ujar Perwira dari Polres Kutai Kartanegara Ajun Komisaris Suraji, pada rapat persiapan EIFAF bidang kemanan yang dipimpin oleh Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata, Sri Wahyuni di sekretariat EIFAF, Tenggarong, Kamis.

Pengamanan pelaksanaan EIFAF tersebut kata Suraji juga akan dibantu personel Kodim 0906 Tenggarong, Satpol PP, Dinas Perhubungan, serta dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah termasuk tim SAR.

Personel gabungan pengamanan EIFAF tersebut lanjut Suraji, akan ditempatkan di delapan sektor yang menjadi titik pelaksanaan kegiatan Erau.

Delapan sektor tersebut yakni, Stadion Rondong Demang, Pasar Seni dan planetarium, Museum dan Kedaton, depan Sekretariat Gerbang Raja, depan kantor DPRD, sekitar lokasi pasar rakyat dan expo serta penginapan para partisipan Erau dari sembilan negara.

Pengamanan tersebut lanjut dia sebagai upaya agar penyelenggaraan EIFAF berjalan dengan aman, tertib, lancar dan terkendali.

"Tujuannya, untuk menciptakan rasa aman bagi pengunjung maupun wisatawan serta kemanan pada pelaksanaan EIFAF tahun ini," ungkap Suraji.

Sementara, pihak Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara yang diwakili Dayang Telchip Suryani, menyampaikan bentuk dukungan terhadap pelaksanaan EIFAF dengan mendirikan posko kesehatan di lokasi utama di Stadion Rondong Demang.

"Selama Erau, kami juga menyiapkan enam unit mobil ambulans yang masing-masing berisikan satu dokter dan dua perawat," ujarnya. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013