Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Paser akan menjadikan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Tanah Grogot sebagai tempat tujuan wisata berbasis agro ekologis.

"Selain berfungsi sebagai pusat pembelajaran bagi para penyuluh lapangan, BPP Tanah Grogot juga dapat menjadi tujuan wisata berbasis agro ekologis, " kata Kepala DTPH Kabupaten Paser Dinas Dr. Erwan Wahyudi  saat menerima kunjungan Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya di BPP Tanah Grogot Desa Tepian Batang, Jum'at (4/2/2022). 

Menurut Erwan, nantinya para pengunjung dapat berwisata sekaligus belajar tentang budidaya pertanian baik teknik bertanam padi di sawah maupun mengenal berbagai jenis tanaman hortikultura. 

Pihaknya, kata Erwan, telah menyiapkan lahan yang akan dikembangkan seluas 3 hektar lebih dengan luas lahan  sawah sekitar 2 hektar. 

Dalam perencanaannya, lanjut Erwan berbagai fasilitas pendukung akan dibangun di kawasan ini, seperti gazebo, jembatan titian kayu, lantai jemur, rumah kaca, dan berbagai spot menarik untuk berswafoto. 

"Pengunjung juga dapat melihat secara dekat bagaimana proses budidaya tanaman padi sawah dan aneka ikan yang terdapat di kolam-kolam, " katanya.Kata Erwan yang didampingi Koordinator BPP Tanah Grogot Ida Royanik. 

Sementara itu Sekda Paser Katsul Wijaya menyambut baik rencana tersebut dan meminta DTPH  mematangkan lebih lanjut melalui forum diskusi lanjutan. 

"Namun, yang perlu diperhatikan adalah agar konsep ini dapat dimatangkan lebih lanjut melalui forum diskusi lanjutan. Serta pihak pengelola BPP diharapkan lebih meningkatkan dan memaksimalkan lahan budidaya sebagai wadah meningkatkan kualitas penyuluh, " Kata Katsul. 

Pada kesempatan peninjauan ini, ikut mendampingi Sekda diantaranya Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Achmad Safari, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga  Muksin, Sekcam Tanah Grogot, Sekdes Tepian Batang, perwakilan Bappeda litbang dan Dinas PMD serta penyuluh se-kecamatan Tanah Grogot. 



 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022