Perkembangan kasus COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur terus menunjukkan peningkatan  dengan adanya tambahan sebanyak 2.102 orang terkonfirmasi positif, sementara kasus kesembuhan juga mengalami penambahan sebanyak 1.452 orang.


Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak, Sabtu mengatakan tambahan kasus positif tertinggi terjadi di wilayah Balikpapan dengan jumlah 713 orang.

Tambahan kasus positif lainnya di Samarinda 340 orang, Kutai Kartanegara 313 orang, Berau 188 orang, Bontang 144 orang, Kutai Barat 137 orang, Kutai Timur 111 orang, Paser 81 orang, Penajam Paser Utara 70 orang dan Mahakam Ulu 5 orang.

“Tambahan kasus positif masih tinggi dalam hitungan lebih dari dua ribu kasus, namun demikian tambahan kasus positif juga terbilang besar yakni lebih dari seribu kasus,” kata Andi Muhammad Ishak di Samarinda.

Andi menambahkan Balikpapan juga menyumbangkan kasus kesembuhan tertinggi dengan tambahan 555 orang.

Disusul, Kutai Timur 273 orang, Samarinda 206 orang, Kutai Kartanegara 169 orang, Bontang 95 orang, Paser 52 orang, Penajam Paser Utara 42 orang, Berau 38 orang, Kutai Barat 16 orang dan Mahakam Ulu 6 orang.

“ Kasus meninggal dunia juga mengalami penambahan sembilan orang, sehingga jumlah total kasus meninggal dunia karena virus corona 5.515 orang,” kata Andi.

Menurut Andi saat ini jumlah pasien terkonfirmasi positif yang masih menjalani perawatan di wilayah Kaltim sebanyak 19.575 orang.

“ Sembilan wilayah di Kaltim masih dalam status zona merah, sedangkan satu- satunya wilayah yang berstatus zona kuning yakni Mahakam Ulu,” kata Andi.

Andi juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak bosan menjalankan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari- hari khususnya penggunaan masker dan menghindari keramaian.

“ Kami tidak bosan mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya menjalankan prokes dalam upaya meredam penyebaran virus,” jelas Andi.


***3***

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022