Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sebanyak empat sekolah di Provinsi Kalimantan Timur menjadi peserta Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional yang penilaian oleh tim dari pusat akan dilakukan selama lima hari 10-14 Juni 2013.

"Empat sekolah di Kaltim yang menjadi peserta LSS tingkat nasional itu terdiri dari sekolah dari jenjang TK, SD, SLTP, dan jenjang SLTA," ucap Ketua Sekretariat Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (TP-UKS) Kalimantan Timur (Kaltim) Asli Nuryadin di Samarinda, Jumat.

Asli yang juga Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kaltim ini melanjutkan, semua sekolah yang mengikuti LSS tingkat nasional itu telah menjadi juara pertama dalam LSS tingkat Kaltim yang digelar 2012 lalu.

Rincian dari empat sekolah yang mewakili Kaltim di tingkat nasional itu adalah TK YPK 2 dari Kota Bontang, SDN 031 Tana Grogot Kabupaten Paser, SMPN I Kota Tarakan, dan dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Samarinda.

Menurut Asli, tim penilai dari pusat akan tiba di Bandara Sepinggan Balikpapan pada Senin, 10 Juni. Kemudian tim langsung terbang lagi ke Tarakan di hari itu juga.

Selanjutnya pada pukul 14.00 Wita, tim melakukan penilaian di SMPN 1 Tarakan yang didampingi oleh TP UKS Kaltim.

Pada pukul 16.00 Wita, tim pusat melanjutkan penilaian ke TP UKS tingkat kecamatan di Tarakan karena keberhasilan pembinaan UKS di tingkat sekolah tidak bisa lepas dari peran TP UKS di tingkat kecamatan.

Keesokan harinya, tim kembali ke Balikpapan dan langsung menyeberangi laut dengan kapal veri untuk menuju Kabupaten Penajam Paser Utara. Perjalanan kemudian dilanjutkan ke Kabupaten Paser yang diperkirakan tiba di Paser menjelang Maghrib.

Pada pukul 08.00 - 11.30 Wita, Rabu (12/5), tim melakukan penilaian di SDN 031 Tana Grogot Kabupaten Paser yang didampingi tim dari Kaltim. Penilaian juga dilakukan di TP UKS kecamatan setempat.

Kemudian sekitar pukul 16.30, tim langsung melanjutkan perjalanan ke Kota Samarinda. Rute yang ditempuh adalah Tana Grogot - Penajam - Balikpapan - Samarinda.

Pukul 07.00 tim mulai berangkat dari Samarinda menuju Bontang untuk melakukan penilaian terhadap TK YPK2 Bontang, termasuk melakukan penilaian di TP UKS kecamatan setempat. Sorenya, tim kembali ke Samarinda.

Pada Jumat, 14 Juni, tim juga melakukan penilain ke MAN 1 Samarinda, termasuk menilai TP UKS di Kecamatan Samarinda Ulu yang didampingi TP UKS Kaltim.

Asli berharap agar dalam LSS tahun ini, salah satu sekolah dari empat sekolah itu bisa menyabet medali emas, sehingga dapat mengharumkan nama Kaltim terkait kebersihan dan kesehatan sekolah. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013