Berkebun menjadi pilihan Sekretaris Provinsi Kaltim Muhammad Sa'bani saat memasuki masa purna tugas meninggalkan jabatan pembina kepegawaian Pemprov Kaltim tersebut.


Terhitung pada 1 Februari 2022 Muhammad Sa'bani memasuki Purna Tugas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan jabatan sebagai Sekprov Kaltim yang diemban sejak 15 Mei 2020. 

"Ke depan saya akan terus menjaga stamina dengan berkebun. Saya ingin menanam melon, cabe dan sayur. Nanti kalo panen saya panggil,” sebut Sa'bani dihadapan awak media sesaat setelah penyerahan penghargaan SAKIP, di Odah Etam, Kamis (20/1). 

Itu sebabnya sejak beberapa waktu terakhir pria kelahiran Samarinda 28 Januari 1962 ini mengaku sudah mulai mengembangkan semacam demplot kebun melon di halaman rumah jabatan Sekprov Kaltim. 

Setelah tidak menjabat Sekprov kata dia tentu tidak ada beban dihadapi. Beban menjadi pembina kepegawaian dan membantu Pimpinan Daerah menjalankan visi dan misi akan diambil alih Sekprov penggantinya. 

Dengan demikian suami Liza Febriani yang menikah pada tahun 1988 dengan dikaruniai 3 putri bernama Fauza Dwi Annisa Sa'bani, Firza Azmi Fauziyya Sa'bani dan Niza Ismi Azeeza Sa'bani ini akan lebih rileks bersama keluarga selepas purna tugas. Melepaskan diri dari kegiatan pemerintahan. 

Termasuk melepaskan jabatannya sebagai Komisaris Non Independen di Bankaltimtara yang menurut Surat Keputusan sampai bulan Desember tahun 2022.

"Tapi tidak elok bagi saya,"  ujar lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman tahun 1985 dan Magister Asian Institute of Technology Bangkok Thailand tahun 1991 ini. 

Muhammad Sa'bani dilantik menjadi Sekretaris Daerah pada tanggal 15 Mei 2020 oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor. 

Pelantikan tersebut setelah mendapatkan Surat Keputusan dari Presiden RI Nomor 158/TPA tahun 2020 tentang pengangkatan Pejabat Tinggi Madya di lingkungan Pemeritah Provinsi Kalimantan Timur. 

Karir Sa'bani terbilang cemerlang, setelah diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil pada tahun 1988 tercatat beberapa jabatan penting pernah diembannya. 

Adapun jabatan yang pernah diemban antara lain Kepala Bappeda Kota Balikpapan, Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kaltim, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Daerah Setda Prov Kaltim. 

"Saya atas nama pribadi serta keluarga mohon maaf yang sebesar-besarnya, terhitung pada tanggal 1 Februari 2022 akan purna tugas," pungkasnya. 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022