Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Kota Balikpapan Budiono resmi ditunjuk menjadi calon Wakil Wali Kota Balikpapan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.


“Sesuai dengan arahan dari DPP PDIP, telah ditetapkan jika Budiono sebagai calon pengganti wakil wali Kota Balikpapan terpilih dari PDI Perjuangan untuk periode 2021-2024,” kata Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Kaltim Ananda Emira Moeis, Kamis.

Sebelumnya Emira Moeis menyerahkan surat rekomendasi DPP tersebut kepada Budiono dan disaksikan para anggota Fraksi PDIP DPRD Balikpapan.

“Ini amanat meneruskan perjuangan senior kita almarhum Thohari Aziz,” kata Budiono.

Jabatan Wakil Ketua DPRD Balikpapan itu pun menyatakan siap mundur dari jabatannya untuk menjalankan amanah tersebut.

Wakil Wali Kota Balikpapan terpilih Thohari Aziz meninggal dunia terpapar COVID-19. Thohari Aziz dirawat di RS Pertamina Balikpapan pada sejak pertengahan Januari 2021. Dan selang 2 hari sebelum jadwal vaksinasi massal pertama kali di Balikpapan pada 29 Januari 2021, Thohari Aziz meninggal dunia.

Sebelumnya Thohari Aziz digandeng calon dari Golkar Rahmad Mas’ud. Pasangan ini mendapatkan dukungan dari hampir seluruh fraksi di DPRD Balikpapan sehingga tidak memungkinkan lagi ada calon lain.

Calon dari Partai Nasional Demokrat Ahmad Basyir hanya mendapatkan 5 suara dari 9 yang disyaratkan untuk bisa mencalonkan diri sebagai wali kota-wakil wali kota.

Namun demikian, Thohari tak sempat dilantik menjadi wakil wali kota. Para partai pengusung, terutama dua partai pengusung utama, Golkar dan PDIP pun berdiskusi panjang mencari penggantinya.

“Sekarang sudah ada arahan DPP, Budiono calon pengganti Thohari Aziz,” kata Emira Moeis.

Sesuai ayat 1 dan 2  Pasal 176 UU Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota, mekanisme penggantian wakil wali kota yang meninggal dunia adalah dengan pemilihan di DPRD, setelah sebelumnya partai pengusung dari pasangan calon terpilih yang meninggal dunia melalui wali kota, menetapkan 2 nama untuk dipilih.

Dengan demikian DPRD Balikpapan masih menunggu 1 lagi nama untuk bisa segera melakukan pemilihan wakil wali kota Balikpapan.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022