Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kutai Kartanegara yang diperkuat 18 siswa keluar sebagai juara kedua Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang digelar 14 hingga 18 Mei 2013.

Dalam lomba itu, siswa SMK Kukar berhasil mendulang 5 emas, 4 perak, dan 7 perunggu.

Medali emas masing-masing diraih oleh Deno Regian siswa SMK Bhakti Loa Janan pada mata lomba Automobile Technology.

Kemudian empat siswa SMKN 2 Tenggarong masing-masing menyumbang medali emas yakni, Dedi Tri Efendi pada mata lomba Jewellery (kriya logam), Setiawati bidang Textile, Rasdy TA dibidang Wood Craft, serta bidang Ceramics diraih oleh Erwin Toding.

"Dengan perolehan tersebut, lima siswa kami yang meraih emas akan mewakili Provinsi Kaltim pada LKS Nasional," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kutai Kartanegara H Hermawan melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Joko Pitono, Rabu.

Dia berharap pada LKS tingkat nasional nanti, lima siswa SMK Kukar tersebut dapat mengeluarkan kemampuan terbaik untuk mengharumkan nama Kaltim dan Kukar khususnya.

LKS SMK Tingkat Nasional tahun ini akan dilaksanakan pada 30 Mei hingga 05 Juni 2013 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Siswa yang di kirim ke LKS tingkat Provinsi Kaltim itu kata Joko merupakan siswa SMK terbaik Kutai Kartanegara berdasarkan hasil seleksi tingkat Kabupaten pada 20-22 Maret 2013.

”Tahapannya, tiap tahun LKS dilaksanakan dari kabupaten/kota, provinsi dan nasional hingga Asean Skill Competition (ASC) dan Word Skill Competition (WSC),” ujarnya.

Keikutsertaan LKS-SMK tingkat provinsi yang lalu kata dia bertujuan untuk wahana promosi dan pencitraan SMK di Kutai kartanegara.

Selain itu lanjut Joko juga mengukur tingkat penguasaan keterampilan siswa pada bidang keahlian yang diselenggarkan pada tingkat kabupaten, Provinsi Kaltim hingga tingkat nasional.

"LKS-SMK menjadi barometer kemajuan penyelenggaraan Pendidikan Kejuruan Tingkat Menengah yang ada di Kutai Kartanegara," paparnya.

Kegiatan itu menurut Joko merupakan program yang sejalan dengan 'grand strategy' program Pemerintah Kutai Kartanegara, yaitu Gerakan Pembangunan Rakyat Sejahtera (Gerbang Raja) pada misi yang kedua yaitu meningkatkan kualitas dan daya saing menuju Sumber Daya Manusia yang
unggul, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013