Kasus positif COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur mengalami penambahan sebanyak 19 orang, sedangkan kasus sembuh dan meninggal dunia tidak terjadi penambahan kasus baru berdasarkan update kasus harian, Rabu.


Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan tambahan kasus positif tersebut terjadi di Bontang 8 kasus, Berau 4 kasus, Balikpapan 4 kasus, dan tiga lainnya di Kutai Barat, Paser dan Samarinda dengan masing- masing satu kasus.

"Jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang masih dirawat terus mengalami penambahan, saat ini secara keseluruhan di wilayah Kaltim sebanyak 74 orang," kata Andi Muhammad Ishak di Samarinda.

Andi mengatakan wilayah Mahakam Ulu masih tetap mempertahankan zona hijau COVID-19 dengan belum adanya kasus baru di wilayah tersebut.

Sementara sembilan wilayah Kaltim lainnya yakni Kota Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat, Panajam Paser Utara, Paser dan Berau masih dalam zona kuning COVID-19.

"Pasien dirawat tertinggi berada di Kota Bontang dengan jumlah 18 pasien, disusul Berau 15 pasien, Balikpapan 13 pasien, Kutai Barat 8 pasien, Kutai Timur 8 pasien, Samarinda 6 pasien, Kutai Kartanegara 3 pasien, Paser 2 pasien dan Panajam Paser Utara 1 pasien," beber Andi.

Secara akumulasi lanjut Andi jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kaltim sebanyak 158.434 kasus, yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 152.905 kasus dan meninggal dunia sebanyak 5.455 kasus.

Menurut Andi penambahan kasus positif kali ini merupakan kasus tertinggi sepanjang Januari tahun 2022, karena sebelumnya tambahan kasus baru tidak sampai terjadi hingga sepuluh kasus.

"Kami imbau masyarakat untuk lebih waspada mengingat tren kasus terus mengalami kenaikan, tetap jaga kesehatan dan jangan lupa patuhi protokol kesehatan dalam kegiatan sehari- hari," katanya.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022