Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Samsun mengatakan pihaknya akan membentuk panitia khusus (Pansus) guna menyusun rencana strategis kepariwisataan di Kaltim.
 

"Kami sepakat untuk kepariwisataan di Kaltim mesti ada rencana strategis dan rencana induknya supaya semua bisa sinergi. Makanya nanti kita bentuk pansus untuk menelaah ini supaya lebih detail," kata Samsun di Samarinda, Rabu (12/1/2022).

Dijelaskan Samsun, dengan adanya pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kaltim tentunya akan ada banyak sekali masyarakat yang bermigrasi ke Kaltim.

"Ini jadi peluang yang luar biasa untuk pariwisata di Kaltim," ujarnya.

Ia juga menyebut nantinya masyarakat Kaltim lah yang akan menjadi pengelola pariwisata itu sendiri.

Nanti akan diarahkan, makanya dilihat kerja Pansus pasti akan mendapatkan hal-hal yang strategis untuk dikembangkan ke depan tentang kepariwisataan Kaltim," bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Sri Wahyuni juga mendukung DPRD Kaltim akan membentuk pansus guna mengembangkan kepariwisataan di Kaltim.

"Kita tentu respon dengan baik karena kalau ada Pansus pembahasan jadi lebih fokus, lebih detail dan lebih serius," tuturnya.

Ia mengaku senang apabila nantinya DPRD  membentuk Pansus,  berarti DPRD Kaltim lebih mengerti isi dari Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah.

“Ketika  Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah diketahui oleh masing-masing fraksi, maka  perhatian untuk pengembangan pariwisata akan lebih baik lagi,” ujar Sri Wahyuni.
 

Pewarta: R'Sya R

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022