Satgas COVID-19 Provinsi Kalimantan Timur mencatat kasus terkonfirmasi positif COVID-19 dan sembuh di Provinsi Kalimantan Timur bertambah, masing-masing satu kasus berdasarkan pemutakhiran kasus harian.


Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak di Samarinda, Minggu mengatakan tambahan satu kasus terkonfirmasi positif terjadi di wilayah Kota Samarinda, sedangkan tambahan satu kasus sembuh di Kutai Barat.

"Pasien terkonfirmasi positif yang masih menjalani perawatan di wilayah Kaltim masih tetap berjumlah 16 orang, seperti hari sebelumnya," katanya.

Untuk status wilayah Kaltim, lanjut Andi, lima wilayah, yakni Kabupaten Mahakam Ulu, Kutai Timur, Berau, Panajam Paser Utara dan Bontang, masih mempertahankan status zona hijau COVID-19, sedangkan lima wilayah lainnya, yakni Kabupaten Kutai Kartanegara, Paser, Kutai Barat, Kota Samarinda dan Balikpapan dalam status zona kuning.

"Pasien terkonfirmasi positif tertinggi di wilayah Kutai Barat dengan jumlah lima orang, disusul Balikpapan empat orang, Samarinda tiga orang, Paser tiga orang dan Kutai Kartanegara satu orang," ujar Andi.

Dia menyampaikan secara akumulasi jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kaltim sebanyak 158.351 orang, yang telah dinyatakan sembuh 152.882 orang, sementara kasus meninggal dunia sebanyak 5.452 orang.

Menurut Andi, perkembangan kasus COVID-19 di Kaltim dalam kategori landai, dengan jumlah kenaikan kasus, baik positif maupun sembuh, fluktuatif dengan skala kecil.

Meski demikian, Andi mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan mengingat penyebaran virus masih belum berakhir.

"Harus tetap waspada dengan cara melaksanakan protokol kesehatan, dan jangan lupa untuk aktif dalam kegiatan vaksinasi demi tercapainya target vaksin 100 persen," kata Andi Muhammad Ishak.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022