Sejumlah kawasan di wilayah Provinsi Kalimantan Timur diprakirakan mengalami hujan lebat hingga hujan petir disertai angin kencang sejak hari ini sampai 9 Januari 2022, sehingga semua pihak diminta waspada terhadap dampak dari peristiwa tersebut.


"Dampak yang bisa ditimbulkan dari kejadian itu adalah jalan licin, banjir, pohon tumbang, tanah longsor, dan lainnya," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan Carolina Meylita di Balikpapan, Jumat.

Peringatan dini terhadap prakiraan hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi pendek ini, lanjutnya, sudah disampaikan ke kabupaten/kota, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar bisa dilakukan langkah antisipasi.

Sejumlah kawasan tersebut adalah pada Jumat, 7 Januari ini terjadi Kabupaten Mahakam Ulu yang meliputi Kecamatan Long Bagun dan Kecamatan Laham.

Kemudian di Kabupaten Kutai Kartanegara meliputi Kecamatan Muara Badak, Muara Jawa, dan Kecamatan Loa Janan Ilir.

Kecamatan Bentian Besar di Kabupaten Kutai Barat, Kecamatan Maratua di Kabupaten Berau, Kecamatan Sandaran di Kutai Timur, Kecamatan Muara Komam di Paser, dan di Kota Balikpapan.

Pada Sabtu, 8 Januari, lanjutnya, hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diprakirakan terjadi di Kecamatan Sandaran, Kecamatan Muara Koman, dan di Kota Balikpapan.

Selanjutnya, di Kabupaten Berau meliputi Kecamatan Pulau Derawan, Tanjung Redeb, dan Kecamatan Tabalar. Kecamatan Penajam di Kabupaten Penajam Paser Utara. Kecamatan Sendawar dan Melak di Kabupaten Kutai Barat.

Untuk hari Minggu, tanggal 9 Januari, lanjutnya, hujan lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Kecamatan Long Bagun dan Laham pada Kabupaten Mahakam Ulu dan di Kota Samarinda.

Kemudian Kabupaten Kutai Barat yang meliputi Kecamatan Bentian Besar, Melak, Sendawar, Muara Pahu, dan Kecamatan Bongan. Kabupaten Paser meliputi Kecamatan Muara Koman dan Batu Sopang.

"Kabupaten Kutai Kartanegara meliputi Kecamatan Muara Jawa, Loa Janan Ilir, Tenggarong, Muara Muntai, Sebulu. Kecamatan Kongbeng dan Muara Ancalong di Kutai Timur, Kecamatan Kelay di Berau, dan Kecamatan Babulu di Penajam Paser Utara," ujar Carolina.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022