Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor dan rombongan pemerintah provinsi  mendukung gerakan Aksi Bersih Pulau Maratua  yang berada di Kabupaten Berau.
 

"Masyarakat di sini kesadarannya  terhadap kebersihan cukup tinggi, kebersihan merupakan sebagian dari iman," kata Isran Noor dalam kunjungan kerjanya di Pulau Maratua, Rabu (22/12/2021).

Ia menegaskan membersihkan sampah merupakan kegiatan yang tak pandang bulu dan menjadi kewajiban setiap manusia untuk menjaga lingkungan sekitar.

"Meskipun sampah yang ada di pulau ini berasal dari para wisatawan luar daerah tapi masyarakat dan  kita semua bersihkan sampah, agar pulau Maratua yang menjadi salah satu destinasi wisata di Kaltim tetap bersih," tegas Isran.

Ia mengimbau agar masyarakat tidak saling menyalahkan soal sampah, melainkan yang harus dilakukan adalah membersihkan sampah secara bersama-sama.

Isran Noor menyebutkan  Pulau Maratua harus terjaga kebersihannya, terlebih karena pulau tersebut terkenal di seluruh dunia.

"Kita nggak bersihkan, sudah bersih pantai ini," canda Isran.

Menurutnya Pulau Maratua  menjadi salah satu destinasi andalan Kaltim yang tak hanya dikunjungi wisatawan domestik, tapi juga wisatawan mancanegara, antara lain berasal dari China, Afrika dan Eropa.

Isran menambahkan saat ini Pulau Maratua sudah dilengkapi bandar udara demi memudahkan kunjungan para wisatawan.

Sementara itu Pulau Maratua juga dilengkapi dengan sejumlah resort dan cottage yang umumnya dikunjungi wisatawan asing.

Antaral ain Maratua Paradise Resort, Pratasaba di Payung=payung, Green Nirvana Jalan Bayur, Borneo cottege Teluk Harapan, Noah Maratua Resort, Virgin Cocao Island. Selain itu juga di perkampungan terdapat homestay milik masyarakat setempat.

Pewarta: R'sya R

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021