Mantan birokrat Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur Zairin Zain telah mendapatkan dukungan suara dari sejumlah cabang olahraga untuk maju sebagai bakal calon Ketua KONI Kaltim  periode 2022-2026.
 

Ketua Tim pemenangan Zairin Zain, Agus Heri Kesuma mengatakan saat ini Zairin telah mengantongi 37 suara cabang olahraga dan dukungan suara diprediksi akan terus bertambah hingga menjelang pencalonan.

"Kami sudah melakukan sosialisasi kepada sejumlah pimpinan cabang olahraga menyangkut sosok Zairin Zain, umumnya mereka bisa memahami perlunya pimpinan Ketua KONI ke depan harus memiliki kemampuan disegala bidang," kata Agus Heri Kesuma dalam rilis resmi diterima di Samarinda, Selasa.

Agus menjelaskan sosok Zairin Zain sangat syarat pengalaman sebagai pimpinan birokrasi diantaranya pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, Penjabat Walikota Samarinda dan Kepala Bappeda Kaltim. 

Selain itu lanjut Agus, Zairin juga gemar berolahraga, diantaranya pernah menjadi bagian tim Tenis Meja Kaltim pada Kejurnas di Bandung 1980, Juara kedua kejuaraan Sepak bola antar perguruan tinggi nasional dan Zairin juga pernah meraih gelar juara tujuh kali para ajang olahraga antar media se-Indonesia.

Dalam organisasi olahraga, Zairin juga pernah memimpin Bapor Korpri Kaltim dua periode,Ketua Baveti Kaltim dan Ketua Pengprov Pelti Kaltim.

"Berbekal dari pengalaman-pengalaman itulah Zairin Zain dinilai sangat mumpuni untuk menahkodai Koni Kaltim kedepan," jelas Agus.

Diketahui kepengurusan KONI Kaltim periode tahun ini akan berakhir pada Mei 2021, namun berkenaan dengan adanya kegiatan PON XX Papua, KONI Pusat telah memperpanjang masa kepengurusan hingga April 2022.

Saat ini belum ada jadwal resmi terkait pelaksanaan Musyawarah Provinsi KONI Kaltim terkait pemilihan ketua umum baru dilaksanakan.

Namun sejumlah tokoh sudah digadangkan bakal menggantikan Ketua KONI Kaltim Zuhdi Zahya yang memimpin organisasi olahraga tersebut selama dua periode.

Selain Zairin Zain, tokoh olahraga lainnya yang juga diinformasikan bakal maju sebagai Ketua KONI Kaltim yakni Rusdiansyah Aras.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021