Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor memberikan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) kepada pelaku UMKM terdampak COVID-19 di Bontang sebesar Rp60 miliar.

"Pak Wali Kota, tolong diperhatikan dan motivasi warga yang menerima bantuan program BPUM agar digunakan sebaik-baiknya," ucap Isran di Bontang, Sabtu.

Dikatakannya, agar bantuan bagi UMKM tersebut bisa dimanfaatkan untuk permodalan dan pengembangan usaha masing-masing warga yang menerima.

Program bantuan ini dilakukan sebagai upaya pemerintah membangkitkan perekonomian UMKM di daerah, sekaligus upaya pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi COVID-19.

"Tahun lalu, bantuan untuk per orang sebesar Rp1,4 juta. Tahun ini memang turun tapi tidak banyak, menjadi Rp1,2 juta," ujarnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Kepala Disperindagkop dan UKM Kaltim HM Yadi Robyan Noor menyebut pada tahun 2021 terdapat sekitar 195.000 UMKM di Kaltim yang menerima bantuan.
 
"Total yang kita terima dari program BPUM sekitar Rp450 miliar dalam dua tahun berturut-turut. Khusus Kota Bontang mendapat bantuan sebesar Rp60 miliar," tuturnya.

Sedangkan pada tahun 2020 jumlah penerima program BPUM di Kaltim sekitar 89.285 pelaku UMKM dengan nilai Rp214 miliar.

Pewarta: R'sya R

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021