Samarinda (ANTARA Kaltim) - Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak meminta pegawai hubungan masyarakat (humas) di lingkungan pemerintah provinsi mampu menjadi penyambung informasi yang baik agar terjalin hubungan harmonis antara pemerintah dan masyarakat luas.

"Peran dan fungsi kehumasan sangat penting agar setiap gerak pembangunan oleh pemerintah dapat termonitor dan diketahui masyarakat secara luas," kata Asisten IV Bidang Adminitrasi Umum H Sofyan Helmi, membacakan sambutan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak saat pembukaan Diklat Kehumasan dan Diklat "Public Speaking" di Samarinda, Selasa.

Menurutnya, humas merupakan ujung tombak dari bagian tata kelola pemerintahan yang baik. Untuk itu, sumber daya aparatur di kehumasan harus terus ditingkatkan, baik melalui diklat maupun masing-masing individu berupaya menambah pengetahuan dari berbagai media.

Dia juga mengatakan bahwa tantangan dari waktu ke waktu tidak semakin mudah, alam reformasi terus bergulir sehingga membuat masyarakat semakin tanggap dan reaktif terhadap setiap persoalan pemerintahan dan kenegaraan.

Menghadapi berbagai persoalan itu, maka penguatan dan pembenahan yang harus dilakukan jajaran kehumasan menjadi sangat penting, bahkan hal itu sudah menjadi keharusan karena dampaknya akan sangat besar.

Dikatakannya, kehumasan di setiap organisasi pemerintahan harus mampu berperan aktif guna menjadi penyambung informasi dan komunikasi yang baik, yakni antara pemerintah dan publik agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Selain itu, aparatur kehumasan juga berkewajiban mencari, mengolah, dan menganalisa informasi, termasuk menanggapi berita dan pendapat publik yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah.

Dia juga mengharapkan agar kinerja kehumasan di masa-masa mendatang perlu lebih ditingkatkan lagi. Hal ini sangat penting karena humas merupakan corong pemerintah untuk menyebar luaskan berbagai informasi.

"Alhamdulillah, selama ini kami merasa terbantu karena jajaran kehumasani dari Biro Humas Setprov Kaltim hingga jajaran humas di masing-masing satuan kerja, sudah mampu melakukan tanggung jawabnya dengan baik," katanya.

Terkait program pembangunan di Kaltim, ujarnya, selaku aparatur kehumasan semua harus siap mendukung visi dan misi Pemprov Kaltim dalam menjalankan roda pemerintahan, sekaligus mampu melaksanakan dan tanggap mencermati setiap langkah pemerintahan. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013