Kementerian Perdagangan memberikan bantuan dana sekitar Rp6 miliar melalui dana tugas pembantuan 2022 untuk lanjutkan pembangunan Pasar Rakyat Babulu di Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Tahun 2022 pembangunan Pasar Rakyat Babulu akan dilanjutkan," ujar Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Kukmperindag) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kuncoro di Penajam, Selasa.

"Usulan bantuan dana untuk melanjutkan pembangunan pasar semi modern itu telah disetujui Kemendag, tinggal menunggu DIPA (daftar isian pelaksanaan anggaran) pemerintah pusat," katanya.

Bantuan dana sebesar Rp6 miliar untuk pembangunan Pasar Rakyat itu berlokasi di Desa Babulu Laut, Kecamatan Babulu, tahap ketiga berkapasitas  sekitar 200 kios. Adapun konsep pasar semi modern itu saat ini mencapai 340 unit.

Lanjut Kuncoro pembangunan Pasar Rakyat Babulu tahap ketiga, untuk mengakomodir ratusan pedagang yang belum mendapatkan lapak di pasar tersebut.

"Pembangunan lanjutan pasar rakyat  tersebut akan menambah kapasitas pedagang yang ada di dalam pasar dengan tambahan kios maupun los sekitar 200 unit," ucapnya.

Dikemukakannya pembangunan pasar rakyat itu untuk dibuat lebih representatif sehingga para pedagang dan konsumen nyaman dan aman saat berada di Pasar Rakyat Babulu.

Kuncoro menjelaskan bangunan pasar rakyat dengan luas 900 meter persegi bakal memiliki fungsi berbeda dari bangunan pasar sebelumnya yakni, lebih diperuntukkan sebagai venue atau lokasi pameran.

Pembangunan Pasar Rakyat Babulu tahap satu dan dua telah rampung sekitar dua tahun lalu, serta bangunan pasar rakyat tersebut juga sudah memiliki akses jalan masuk.

"Apabila pasar rakyat itu telah difungsikan maka banyak manfaat bagi perekonomian masyarakat di Kecamatan Babulu, serta dapat berkontribusi untuk PAD (pendapatan asli daerah)," ujar Kuncoro.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021