Bontang (ANTARA Kaltim) - PT Badak NGL pada tahun pelajaran 2013/2014 kembali memberikan beasiswa penuh atau Badak Full Scholarship (Bafco) bagi 39 pelajar dan mahasiswa untuk jenjang SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.

"Putra-putri Bontang yang mendapat Bafco pada tahun ajaran 2013/2014 pada jenjang SMP 15 siswa, jenjang SMA 15 siswa dan jenjang perguruan tinggi bagi 9 peserta," kata Coorporate Communication Senior Manajer PT Badak NGL, Kuswana Yugaswara, di Bontang, Sabtu, dalam sambutan  penerimaan siswa baru peserta Bafco tahun 2013/2014.

Dia mengatakan untuk Bafco ke perguruan tinggi semua akan dibiayai penuh oleh PT Badak termasuk ketika wisuda jika orang tua tidak bisa membeli tiket untuk menghadiri maka PT Badak NGL akan membiayai juga.

Lulusan perguruan tinggi dengan program Bafco ini akan dibantu PT Badak  NGL untuk mencari kerja dan sesuai kesepakatan yang telah ditanda tangani mereka akan menyisihkan gajinya 2,5 persen saat bekerja nantinya.

"Potongan 2,5 persen ini nantinya untuk membiayai siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu lainnya," ujar Kuswana.

Saat ini PT Badak NGL telah bekerja sama dengan 16 perguruan tinggi negeri di Jawa dalam rangka program Bafco Perguruan Tinggi untuk pertama kalinya ini.

Hadir dalam penerimaan Bafco Kepala Dinas Pendidikan Dasuki, Ketua Dewan Pendidikan Abdul Haris, Pelaksana Harian Yayasan Vidatra Lugito Budi, dan para Kepala Sekolah SD, SMP, SMA di Bontang, orang tua siswa penerima beasiswa dan para siswa penerima beasiswa.

Agenda penerimaan diawali dengan penanda tanganan naskah kesepakatan belajar di SMP Vidya Dahana Patra (Vidatra), di SMA Vidatra dan perguruan tinggi.

Sebanyak tiga perwakilan siswa jenjang SMP, SMU dan PT serta perwakilan orang tua juga menyampaikan sepatah kata mewakil teman-teman lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Bontang Dasuki menyampaikan terima kasih kepada PT Badak NGL dengan program Bafco.

"Terima kasih PT Badak NGL telah mengambil peran strategis wujudkan pendidikan tuntas berkualitas melalui program beasiswa penuh atau Bafco ini, dan berbanggalah kepada orang tua yang anaknya mendapat beasiswa penuh ini," kata Dasuki.

Dasuki meminta peserta Bafco agar belajar dengan baik khususnya yang akan meneruskan ke perguruan tinggi karena akan meninggalkan rumah. (*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013