Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Kukmperindag) Kabupaten Penajam Paser Utara bekerja sama dengan Perum Bulog Kancapem Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, menggelar operasi pasar murah sebagai antisipatif lonjakan harga kebutuhan pokok di daerah itu.

"Pelaksanaan operasi pasar murah 13 sampai 17 Desember 2021 di empat kecamatan," ujar Kepala Bidang Perdagangan Dinas Kukmperindag Kabupaten Penajam Paser Utara, Bustam di Penajam, Sabtu.

"Operasi pasar murah itu menyesuaikan jadwal Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik atau Perum Bulog Kantor Cabang Pembantu (Kancapem) Tanah Grogot," tambahnya.

Perum Bulog Kancapem Tanah Grogot memiliki tugas dan tanggung jawab menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan bahan kebutuhan pokok di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser.

Operasi pasar murah dilaksanakan pemerintah kabupaten  untuk mengimbangi lonjakan harga komoditas kebutuhan pokok menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Perum Bulog Kancapem Tanah Grogot menyiapkan sejumlah komoditas kebutuhan pokok meliputi minyak goreng, gula pasir, daging beku, beras, tepung dan lainnya yang dijual cukup murah di bawah harga pasar.

Dinas Kukmperindag Kabupaten Penajam Paser Utara membatasi jumlah pembelian pada operasi pasar murah, minyak goreng maksimal dua liter, dan gula pasir, tepung serta daging beku maksimal dua kilogram.

Harga pada operasi pasar lebih murah dari harga pasar, minyak goreng dijual dengan harga Rp16.000 per liter, daging beku Rp80.000 per kilogram, dan gula pasir Rp12.500 per kilogram.

Kemudian tepung dijual dengan harga Rp10.500 per kilogram, beras premium kemasan lima kilogram Rp56.000, serta beras Mahakam kemasan lima kilogram Rp48.000.

"Pembelian komoditas bahan pokok pada operasi pasar dibatasi agar pasar murah itu benar-benar menyentuh masyarakat kecil yang bukan pedagang," jelas Bustam.

Operasi pasar murah 2021 dilaksanakan di Kecamatan Penajam 13 dan 17 Desember, kemudian 14 Desember di Kecamatan Waru, 15 Desember di Kecamatan Babulu, dan di Kecamatan Sepaku 16 Desember.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021