Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menyatakan cakupan vaksinasi COVID-19 dosis pertama bagi masyarakat di daerah itu mencapai 66 persen atau 89.259 orang dari total target 135.017 jiwa.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Jense Grace Makisurat di Penajam, Sabtu, menegaskan, instansinya bertekad dapat segera mencapai 100 persen vaksinasi untuk menciptakan kekebalan komunal terhadap penularan virus corona.

"Secara maraton kami lakukan vaksinasi untuk mendorong percepatan kekebalan komunal di wilayah Penajam Paser Utara," ujarnya.

Penerima vaksinasi  dosis kedua sampai saat ini lanjut ia, tercatat mencapai 49 persen atau 66.636 jiwa.

Dari angka capaian vaksinasi COVID-19 tersebut hanya petugas pelayanan publik dan tenaga kesehatan yang mencapai lebih dari 100 persen.

Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara berupaya mencapai target 80 persen warga di daerah itu sudah mendapat suntikan vaksin  dosis pertama sampai akhir Desember 2021,

Capaian vaksinasi COVID-19 menurut dia, tidak terlepas dari pemerintah kabupaten bersama TNI dan Polri, serta tingginya minat masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara untuk divaksin.

"Dengan capaian vaksinasi itu PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) jadi level satu, serta nihil kasus virus corona dan empat kecamatan sudah zona hijau," ungkapnya.

Kendati PPKM di Kabupaten Penajam Paser Utara level satu lanjut ia, masyarakat selalu diimbau dan diingatkan pentingnya protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari.

Vaksinasi massal menurut Grace Makisurat, juga terus dilakukan untuk mendorong naiknya capaian vaksinasi di Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Kami bersama instansi terkait serta TNI dan Polri terus gencar melaksanakan kegiatan vaksinasi COVID-19 hingga ke daerah pelosok," kata dia.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021