Sangatta (ANTARA Kaltim) - Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Timur Ir H Achmad Baharuddin, mengatakan dalam beberapa tahun mendatang akan menjadi salah satu daerah di Kaltim sebagai penghasil beberapa komoditi unggulan, termasuk komoditi lada yang saat ini sudah berproduksi hingga mencapai 70 ton per tahun.

Menurut Kadisbun Ir H Achmadi Baharuddin, meskipun masih sebagai daerah yang baru dengan usia 13 tahun, namun sudah dikenal luar, karena telah mampu memiliki sejumlah komoditi yang menjadi unggulan daerah maupun nasional.

Khusus untuk komoditi lada, berdasarkan data Desember 2012 produksinya mencapai 70 ton per tahun, dengan luas lahan 100 hektare di desa Mawai Indah Kecamatan Batu Ampar, kata Ir H Achamdi Baharuddin, Selasa.

Produksi lada Batu Ampar ini, menurut Achmad Baharuddin bakal menjadi andalan Kalaimantan Timur ke depan setelah sebelumnya lada Kaltim didominasi lada Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kalau dulu tahun 80-an orang sangat mengenal lada Loa Janan, karena selain produksinya cukup tinggi juga memiliki kualitas baik. Namun saat ini dan ke depannya lada Batu Ampar akan menjadi unggulan dan dicari orang, katanya.   (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013