Sangatta (ANTARA Kaltim) - Harga udang lokal di pasar tradisional Sangatta sejak sepekan terakhir rata-rata beranjak naik sebesar Rp15 .000 per kilogram, mulai ukuran kecil sedang hingga berukuran besar.

Berdasarkan pantauan di pasar tradisional Teluk Lingga dan Pasar Induk Sangatta Selatan, Minggu, harga udang ukuran besar kini dijual sebesar Rp90.000 per kilogram, dari harga sebelumnya Rp75.000 per kilogram atau naik Rp15.000.

Sedangkan udang ukuran sedang juga naik dari sebelumnya dijual seharga Rp50.000 per kilogram (kg) saat ini dijual Rp70.000 per kilogram atau naik sebesar Rp20.000 per kilogram.

Begitu juga udang ukuran kecil yang biasanya dijual seharga Rp40.000 per kilogram juga naik menjadi Rp55.000 per kilogram (kg) atau naik sebesar Rp15.000 per kilogram.

Menurut Ruslan (52 tahun), salah satu pedagang udang di pasar Singa Geweh, naiknya harga udang dalam sepekan ini karena permintaan cukup tinggi terutama dari para pengusaha rumah makan di daerah ini, sementara pasokan terbatas, sehingga harganya dinaikkan.

"Namun meskipun naik, permintaan tetap tinggi. Permintaan pengusaha rumah makan di Sangatta, baik rumah makan besar maupun kecil hingga warung-warung tenda membutuhkan udang yang cukup besar makanya harga naik," kata Ruslan, yang mengaku harus mendatangkan udang dari luar.

Pedagang lainnya, Subli (47 tahun), mengatakan, kebutuhan udang di Sangatta terbilang tinggi, sedangkan pasokan kurang bahkan kami harus mencari dan mendatangkan udang dari luar untuk memenuhi permintaan konsumen.

"Saya pribadi berharap agar harga udang tidak naik terus, karena kasihan juga pembeli rumah tangga yang juga banyak peminatnya" kata Subli.

Menurut Subli, kalau dalam beberapa minggu ini pasokan tidak lancar bisa jadi harga udang akan naik lagi, padahal beberapa pembeli sudah mengeluhkan naiknya harga udang yang cukup mahal yakni rata-rata Rp15.000 per kilogram.

Mamay (41 tahun), salah satu pembeli udang di pasar tradisional Teluk Lingga, mengatakan berharap harga udang tidak terlalu mahal karena dalam satu kilogram itu hanya beberapa ekor saja udang ukuran besar.

"Kalau udang ukuran kecil dalam sekilo lumayan tapi kalau ukuran besar tidak sampai sepuluh ekor sedangkan kami di rumah banyak, mana cukup," kata ibu beranak satu yang mengaku penggemar udang. (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013